Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28808
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorTarigan, Eka Dewi Setia-
dc.contributor.authorSuci, Syafira Melati-
dc.date.accessioned2025-10-27T04:50:07Z-
dc.date.available2025-10-27T04:50:07Z-
dc.date.issued2024-09-30-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28808-
dc.description92 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Penelitian ini mengevaluasi pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Wedding Organizer di Iyan Rias Pengantin. Metode melalui penyebaran kuesioner dan wawancara terhadap pelanggan WO, lalu diolah dengan spss 26, dan di analisis yang digunakan meliputi uji t untuk menilai pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen serta uji F untuk analisis simultan. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai t hitung sebesar 2,556 yang lebih besar dari t tabel 1,675 dan nilai signifikansi 0,013. Ini menunjukkan bahwa penetapan harga yang tepat dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, kualitas pelayanan (X2) juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai t hitung sebesar 7,304 yang jauh melebihi t tabel 1,675 dan nilai signifikansi 0,000. Ini menandakan bahwa kualitas pelayanan yang tinggi secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan. Uji F menunjukkan bahwa secara simultan, harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai F hitung sebesar 119,176 yang jauh lebih besar dari F tabel 1,975 dan nilai signifikansi 0,000. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya kedua variabel tersebut dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada layanan Wedding Organizer di Iyan Rias Pengantin. This research aims to determine respondents' responses. Apart from that, this research also aims to find out how much influence this research has on price and service quality on customer satisfaction at Wedding Organizers at Iyan Rias Pengantin. The method involves distributing questionnaires and interviews with WO customers, then processing it with SPSS 26, and the analysis used includes the t test to assess the influence of each independent variable on the dependent variable and the F test for simultaneous analysis. The results of the analysis show that price (X1) has a positive and significant influence on customer satisfaction, with a t value of 2.556 which is greater than the t table of 1.675 and a significance value of 0.013. This shows that setting the right price can increase customer satisfaction. Apart from that, service quality (X2) also has a positive and significant influence on customer satisfaction, with a t value of 7.304 which far exceeds the t table of 1.675 and a significance value of 0.000. This indicates that high service quality significantly increases customer satisfaction. The F test shows that simultaneously price and service quality have a significant influence on customer satisfaction, with a calculated F value of 119.176 which is much greater than the F table of 1.975 and a significance value of 0.000. These findings underline the importance of these two variables in increasing customer satisfaction with Wedding Organizer services at Iyan Rias Pengantin.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;178320228-
dc.subjectPriceen_US
dc.subjectService Qualityen_US
dc.subjectCustomer Satisfactionen_US
dc.subjectWedding Organizeren_US
dc.subjectridal Makeup Iyanen_US
dc.subjectIyan Rias Pengantinen_US
dc.subjectKualitas Pelayanan Kepuasan Pelangganen_US
dc.subjecthargaen_US
dc.titlePengaruh Harga dan Kualitas Pelanggan Terhadap kepuasan Pelanggan Wedding Organizer (Studi kasus di Iyan Rias Pengantin Medan)en_US
dc.title.alternativeThe Influence of Price and Customer Quality on Customer Satisfaction of Wedding Organizers (Case Study at Iyan Rias Pengantin Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320228 - Syafira Melati Suci - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV583.83 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178320228 - Syafira Melati Suci - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.