Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28934
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorFadilah, Risydah-
dc.contributor.authorZiliwu, Teti Kristiani-
dc.date.accessioned2025-12-01T08:09:42Z-
dc.date.available2025-12-01T08:09:42Z-
dc.date.issued2025-08-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28934-
dc.description82 Halamanen_US
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji secara empiris peran mediasi kepercayaan diri dalam pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 571 serta sampel 243. Teknik sampel yang digunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mediasi. Dukungan orang tua tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar, dengan nilai koefisien jalur (path coefficient) 0.089, dan signifikan, dengan nilai p 0.095. Maka disimpulkan dukungan orang tua tidak berpengaruh terhadap Motivasi Belajar. Dukungan orang tua berpengaruh terhadap Kepercayaan diri, dengan nilai koefisien jalur (path coefficient) 0.442, dan signifikan, dengan nilai p < 0.001. Maka disimpulkan dukungan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri. Kepercayaan diri berpengaruh terhadap Motivasi belajar, dengan nilai koefisien jalur (path coefficient) 0.628, dan signifikan, dengan nilai p < 0.001. Maka disimpulkan kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Hasil menunjukkan bahwa ada efek tidak langsung melalui kepercayaan diri signifikan (p < 0.001). Artinya, kepercayaan diri memainkan peran penting sebagai mediator dalam hubungan ini. Interval kepercayaan juga tidak mencakup nol, yang memperkuat bukti signifikansi mediasi. The purpose of this study was to determine and empirically test the mediating role of self-confidence in the influence of parental support on student learning motivation. This study used a quantitative method, with a population of 571 and a sample of 243. The sampling technique used was random sampling. The data analysis technique used was mediation analysis. Parental support has no effect on learning motivation, with a path coefficient of 0.089, and significant, with a p-value of 0.095. It is concluded that parental support has no effect on learning motivation. Parental support has an effect on self-confidence, with a path coefficient of 0.442, and significant, with a p-value <0.001. It is concluded that parental support has a positive and significant effect on self-confidence. Self-confidence has an effect on learning motivation, with a path coefficient of 0.628, and significant, with a p-value <0.001. It is concluded that self-confidence has a positive and significant effect on learning motivation. The results show that there is an indirect effect through significant self-confidence (p <0.001). This means that self-confidence plays a significant role as a mediator in this relationship. The confidence interval also does not include zero, strengthening the evidence for significant mediation.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;231804069-
dc.subjectDukungan orang tuaen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.subjectkepercayaan dirien_US
dc.subjectsiswaen_US
dc.subjectParental supporten_US
dc.subjectlearning motivationen_US
dc.subjectself-confidenceen_US
dc.subjectstudentsen_US
dc.titlePengaruh Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Belajar Siswa Melalui Mediasi Kepercayaan Dirien_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
231804069 - Teti Kristiani Ziliwu - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.97 MBAdobe PDFView/Open
231804069 - Teti Kristiani Ziliwu - Chapter IV.pdfChapter IV409.09 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.