Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/5154
Title: Perbedaan Konformitas dalam Pemilihan Sekolah Lanjutan Atas di Tinjau dari Locus of Control pada Remaja Awal di SMPN 17 Medan
Authors: Mandasari, Isra
Keywords: konformitas;locus of control
Issue Date: 4-Oct-2006
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Konformitas dalam pemilihan sekolah lanjutan atas merupakan suatu perubahan. perilaku atau keyakinan karena adanya tekanan dari kelompok baik yang sungguh-sungguh atau yang dibayangkan yang dilakukan oleh remaja dalam memilih sekolah lanjutan atas. Alasan remaja melakukan konformitas dipengaruhi oleh kepercayaan terhadap kelompok, rasa takut terhadap penyimpangan dan kekompakan kelompok. Konformitas juga dipengaruhi oleh tipa kepribadian yaitu locus of control internal dan eksternal Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat apakaah ada perbedaan konformitas dalam pemilihan sekolah lanjutan atas pada remaja yang memiliki locus of control internal dan eksternal. Locus of control internal adalah keyakinan bahwa apa yang dilakukan dan apa yang dihasilkan merupakan hasil dari usaha sendiri. Locus of control eksternal adalah keyakinan bahwa setiap tindakan yang dilakukan dan yang diterima merupakan kebetulan saja atau karena nasib. Metode pengumpulan data menggunakan skala konformitas dan skala IPC. Jumlah partisipan sebanyak 100 orang. Skala konformitas yang disebarkan berjumlah 42 butir dimana 3 diantaranya ternyata gugur menurut perhitungan statistik
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/5154
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
028600137_File1.pdfCover884.25 kBAdobe PDFView/Open
028600137_File2.pdfAbstract448.89 kBAdobe PDFView/Open
028600137_File3.pdfIntroduction978.27 kBAdobe PDFView/Open
028600137_File4.pdfChapter I513.49 kBAdobe PDFView/Open
028600137_File8.pdfReference1.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.