Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/5470
Title: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Keuntungan Usahatani Ubi Kayu (Studi Kasus: Desa Tuntungan I Kec Pancur Batu Kab Deli Serdang)
Authors: Keliat, Bahagia Afrius
Keywords: faktor tingkat keuntungan;keuntungan usaha ubi kayu;usahatani ubi kayu
Issue Date: 2003
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui apakah usaha tani ubi kayu merupakan usaha yang dapat memberikan keuntungan kepada petani ubi kayu. 2. Untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor produksi (luas lahan, tenaga kerja, dan biaya produksi terhadap tingkat pendapatan petani ubi kayu. Dari hasil analisis yang menggunakan rumus metode analisis revenue cost dan regresi linier berganda : 1. Untuk mengetahui apakah usaha tani ubi kayu merupakan usaha yang dapat memberikan keuntungan kepada petani ubi kayu R/C > 1 yang berarti keadaan ini memperlihatkan bahwa usaha tani ubi kayu (Manihot Utilisima) memberikan tingkat keuntungan, sehingga usaha tani ubi kayu, sangat layak untuk diusahakan. 2. Untuk mengetahui faktor-faktor produksi (luas lahan, jumlah tenaga kerja dan biaya sarana produksi), terhadap tingkat pendapatan. Diperoleh Y = -369411,15 + 554,6603 + 1736832,17 + -0,28261793, yang berarti setiap penambahan luas lahan, tenaga kerja mempunyai indikasi pengaruh positif terhadap pendapatan, sebaliknya biaya produksi berpengaruh negatif terhadap pendapatan.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/5470
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
998200027_File1.pdfCover414.66 kBAdobe PDFView/Open
998200027_File2.pdfAbstract160.34 kBAdobe PDFView/Open
998200027_File3.pdfIntroduction462.49 kBAdobe PDFView/Open
998200027_File4.pdfChapter I397.86 kBAdobe PDFView/Open
998200027_File8.pdfReference691.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.