Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7220
Title: Hubungan Konsep Diri dan Peran Teman Sebaya dengan Perilaku Mencontek Siswa SMP Harapan 2 Medan
Authors: Marzuki, Aulia
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Lahmuddin
Budiman, Zuhdi
Keywords: Diri;Mencontek
Issue Date: 30-Aug-2016
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Perilaku mencontek merupakan salah satu bentuk permasalahan pada dunia pendidikan kita. Berbagai kejadian ditemukan banyak siswa yang melakukan perilaku mencontek ketika ujian berlangsung. Tentunya, perilaku mencontek terjadi ada faktor-faktor yang melatar belakanginya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dan peran sosial teman sebaya dengan perilaku mencontek di SMP 2 Harapan Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah; 1) apakah terdapat hubungan konsep diri dengan perilaku mencontek? 2) apakah terdapat hubungan peran teman sebaya dengan perilaku mencontek 3) apakah terdapat hubungan konsep diri dan peran teman sebaya dengan perilaku mencontek Penelitian ini menggunakan penelitian korelasiona. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP 2 Harapan Medan T.A. 2015/2016 sebanyak 137 orang. Sampel diambil pertama dengan melakukan scerening kepada seluruh populasi kemudian diperoleh 46 orang yang positif melakukan perilaku mencontek, kama jumlah yang positif mencontek sebanyak 46 orang, maka sebanyak 46 orang dinyatakan sampel penelitian. Data diambil dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskripti, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil; 1) Ada hubungan signifikan dimana koefisien rx1y = -0.469 dengan p = 0.000, hal ini berarti semakin rendah konsep diri maka semakin maka semakin tinggi Perilaku mencontek. Koefisien r kuadrat Konsep diri dengan variabel terikat Perilaku mencontek adalah sebesar r2 = 0,220. Ini menunjukkan bahwa Perilaku mencontek dibentuk oleh Konsep diri dengan konstribusi sebesar 22.0%. 2) Ada hubungan signifikan negatif antara Peran dengan Perilaku mencontek, dimana koefisien rx2y = -0.436 dengan p = 0.000, hal ini berarti semakin rendah Peran maka semakin tinggi Perilaku mencontek. Koefisien determinan (r2) dari hubungan antara Peran sosial dengan variabel terikat Perilaku mencontek adalah sebesar r2 = 0,190. Ini menunjukkan bahwa Perilaku mencontek dibentuk oleh Peran dengan konstribusi sebesar 19.0%. Ini perilaku mencontek ketika ujian berlangsung. Tentunya, negatif signifikan antara Konsep diri dengan Perilaku mencontek,
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7220
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
141804047.pdfFulltext6.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.