Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7257
Title: Hubungan Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja dengan Kualitas Pelayanan Karyawan PT Fast Food Indonesia, Tbk Medan
Authors: Lubis, Dinda Mulya
metadata.dc.contributor.advisor: Effendy, Sjahril
Lubis, Rahmi
Keywords: Iklim Organisasi;Pelayanan Karyawan
Issue Date: 18-Feb-2017
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Kualitas pelayanan diperlukan untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Karyawan tidak menampilkan perilaku dan performansi yang maksimal dalam melayani pelanggan salah satunya dipengaruhi oleh persepsinya terhadap lingkungan kerjanya yang disebut sebagai ikiim organisasi dan kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan iklim organisasi dan kepuasan kerja dengan kualitas pelayanan karyawan PT. Fast Food Indonesia Tbk Medan. Subjek penelitian adalah karyawan PT. Fast Food Indonesia, Tbk Medan dan konsumen diambil dengan teknik purposive sampling dan berjumlah 70 orang karyawan dan 210 orang konsumen. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga skala yaitu skala kualitas pelayanan terdiri 30 aitem (u=0,812),skala iklim organisasi yang terdiri dari 44 aitem ( u=0,882) dan kepuasan kerja yang terdiri dari 20 aitem (a""' 0,872). Hasil penelitian menunjukkan angka fxlx2-y = 0,879 dengan p=0,000 (p<0,05). Dari hasil Koefisien Determinasi, iklim organisasi dan kepuasan kerja memberikan sumbangan sebesar 54,7% dengan kualitas pelayanan. Iklim organisasi memberikan sumbangan dengan kualitas pelayanan sebesar 41,1% (rx1-y = 0,815) dan kepuasan kerja memberikan sumbangan dengan kualitas pelayanan sebesar 47,9% (rx2-y = 0,843). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara iklim organisasi dan kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan pada karyawan PT Fast Food Indonesia Tbk. Semakin positif iklim organisasi dan semakin tinggi kepuasan kerja maka kualitas pelayanan karyawan juga semakin tinggi, dan sebaliknya, semakin negatif iklim organisasi dan semakin rendah kepuasan kerja maka kualitas pelayanan juga semakin rendah.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7257
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
141804125.pdfFulltext5.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.