Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7350
Title: Strategi Pengembangan Usaha Gula Aren di Kabupaten Aceh Tenggara
Authors: Sys, Resmiwati Isnaini
metadata.dc.contributor.advisor: Afifuddin, Sya'ad
Pane, Erwin
Keywords: strategi pengembangan;pengembangan usaha gula aren
Issue Date: 28-Nov-2011
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor strategi ekstemal dan internal yang mempengaruhi keberhasilan pengembangan usaha gula aren, serta merumuskan dan merekomendasikan prioritas strategi pengembangan usaha gula aren. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif melalui survey. Teknik pengambilan contoh dilakukan secara purposive random sampling, yaitu dengan meninventarisasi faktor strategi ekstemal dan internal dan dianalisa menggunakan matriks TOWS (Threats, oppurtunities, weakness, strength) serta analisa QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Dari hasil analisis External factor evaluation (EFE) dan lntemal Factor Evaluation (IFE), diperolah hasil bahwa pengembangan usaha gula aren dipengaruhi oleh 8 faktor eksternal, yaitu konstribusi komoditas gula aren terhadap PAD, adanya produksi substitusi, lemahnya dukungan perbankan, keamanan sosial, politik dan keamanan, perkembangan harga gula aren, kebijakan pemerintah, standar mutu, permintaan pasar terbadap gula aren. Faktor internal terdiri dari 14 faktor yang terdiri dari rendahnya produktivitas pengusaha gula aren, kerjasama dengan pihak ketiga, teknologi tepat guna, gula aren merupakan komoditas sejarah, kondisi alam, visi dan misi kabupaten, tenaga kerja, lembaga penelitian dan pengembangan, organisasi pengrajin, kelembagaan ekonomi belum berfungsi baik, dukungan sarana dan prasarana, pembinaan intensif bagi pengusaha gula aren, ketersediaan lahan pertanian, rendahnya pengetahuan dan ketrampilan manajemen, ketersediaan bahan baku. Formulasi dengan menggunakan matriks TOWS dan analisa QSPM, maka telah di.rumuskan dan direkomendasikan 4 prioritas strategi pengembangan usaha gula aren jangka pendek dan menengah untuk dapat diimplementasikan oleh pengambilan kebijakan sebagai berikut: 1) Strategi peningkatan produktivitas dan mutu gula aren, 2) strategi pengembangan SDM dan Lembaga penelitian, 3) Strategi pengembangan produk, 4) Strategi penetrasi dan pengembangan pasar. Prioritas strategi jangka panjang yang direkomendasikan adalah : 1) Strategi fasilitasi penyediaan sarana dan prasarana produksi, 2) Strategi pemanfaatan kondisi alam, ketersediaan lahan dan tenaga kerja, 3) Strategi menjalin kemitraan dan kerjasama, 4) Strategi penyediaan kredit modal usaha.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7350
Appears in Collections:MT - Master of Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
091802019.pdfFulltext2.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.