Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7393
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAstuti K, Retna-
dc.contributor.advisorPane, Erwin-
dc.contributor.authorNurhidayana-
dc.date.accessioned2018-01-13T01:51:36Z-
dc.date.available2018-01-13T01:51:36Z-
dc.date.issued2012-05-11-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7393-
dc.descriptionPenelitian ini dilakukan di Kabupaten Batu Bara khususnya di Kecamatan Air Putih, Kecamatan Sei Suka dan Kecamatan Lima Puluh, penelitian dilakukan dari bulan Pebruari sampai bulan Maret 2012 secara deskriptif kuantitatif dengan metode wawancara di pandu dengan kuisioner. Responden terdiri dari 26 Petani produsen, 26 Pedagang pengumpul, 18 Pedagang Pengecer. Kabupaten Batu Bara merupakan daerah potensial untuk pengembangan komoditi cabe merah dengan produktivitas rata-rata 9,757 ton perhektar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: teori pemasaran, efesiensi pemasaran, biaya pemasaran, saluran pemasaran, marjin pemasaran dan teori lain yang mendukung. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Saluran 3 mempunyai marjin pemasaran paling rendah yaitu Rp. 4500. 2) Margin pemasaran lebih kecil diperoleh dari perbedaan harga yang kecil antara harga tingkat petani dan harga tingkat pengecer (harga beli konsumen). Hal ini menunjukkan saluran 3 lebih efesien jika dibandingkan dengan saluran 1, 2 dan 4. Tetapi jika dilihat jumlah petani cabai merah yang memilih menggunakan saluran 3 lebih rendah dari saluran 1 dan 2. Jadi secara operasional saluran 3 belum tentu lebih efesien karena hanya digunakan oleh 18,57 % petani sedangkan saluran 1 sebesar 42,85% dan saluran 2 sebesar 25,71 %. Dimasa yang akan datang jika jumlah pedagang pengumpul yang ikut berpartisipasi di saluran 3 semakin banyak tidak tertutup kemungkinan pilihan petani cabai merah di Kabupaten Batu Bara akan beralih dari saluran 1 dan 2 menjadi pengguna saluran 3. Peran stake holder untuk meningkatkan pendapatan petani melalui jalur pemasaran efesiensi sangat dibutuhkan. Diperlukan usaha pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan petani tentang teknologi pengolahan agar dalam jangka panjang petani mampu mengolah produksi cabai merah dalam bentuk industri rumah tangga yang menghasilkan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectefisiensien_US
dc.subjectpemasaranen_US
dc.subjectcabai merahen_US
dc.titleAnalisis Efisiensi Pemasaran Cabai Merah di Kabupaten Batu Baraen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
101802020.pdfFulltext3.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.