Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7402
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRangkuti, Badaruddin-
dc.contributor.advisorUsman, Done Ali-
dc.contributor.authorHamdi, M. Mahfud-
dc.date.accessioned2018-01-15T01:56:16Z-
dc.date.available2018-01-15T01:56:16Z-
dc.date.issued2010-05-11-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7402-
dc.descriptionSeiring dengan lahirnya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999, yang telah digantikan dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah di mana telah terjadi perubahan manajemen penyelenggaran pemerintahan dari paradigma sentralisasi ke paradigma desentralisasi dengan pemberian otonomi daerah yang nyata, luas, dan bertanggung jawab kepada daerah. Menurut Undang-Undang tersebut, "daerah diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku" (Darumurti, 2002:44). Hal ini mengandung implikasi pula tuntutan adanya berbagai perubahan dalam sistem dan mekanisme perencanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah yaitu pengelolaan yang bersifat demokratis, partisipatif, kemitraan, transparansi, dan akuntabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tingkat keberhasilan implementasi program MPMBS di SMP Negeri 6 Kisar Kabuanpaten Asahan. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif (interactive model of analysis). Kinerja implementasi program MPMBS di SMP Negeri 6 Kisaran. Dilihat dari isi kebijakan, dengan implementasi program MPMBS, ada peningkatan kinerja Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, dan Komite Sekolah sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, dari konteks implementasi pada aspek kepatuhan, kinerja implementasi program MPMBS di SMP Negeri 6 Kisaran, menunjukkan kinerja yang baik dan adanya kepatuhan (compliance) baik dilihat dari aspek administrasi maupun tahap-tahap pelaksanaannya. Sedangkan dari aspek daya tanggap (responsivitas), segenap warga sekolah cukup memberikan respon yang baik, dengan indikasi dari partisipasi warga sekolah dalam implementasi program MPMBS. Dan dari hasil kebijakan menunjukkan adanya peningkatan mutu pendidikan, antara sebelum dan sesudah implementasi program MPMBS. Sesudah implementasi program MPMBS terbukti prestasi siswa cukup meningkat baik di bidang akademik maupun non-akademik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectimplementasien_US
dc.subjectmanajemen mutuen_US
dc.titleImplementasi Program Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMP Negeri 6 Kisaran Kabupaten Asahanen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
081801065.pdfFulltext3.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.