Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7415
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Kariono | - |
dc.contributor.advisor | Usman, Done Ali | - |
dc.contributor.author | Marina | - |
dc.date.accessioned | 2018-01-15T02:55:58Z | - |
dc.date.available | 2018-01-15T02:55:58Z | - |
dc.date.issued | 2010-04-13 | - |
dc.identifier.uri | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7415 | - |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kinerja pendidikan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dilihat dari aspek: pemerataan pendidikan, mutu pendidikan, relevansi pendidikan dan efisiensi internal pendidikan. Metode yang digunakan merupakan penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif dimana data diperoleh dari key informan melalui wawancara dan juga data pendukung dari sumber sekunder yang ada pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Deli Serdang. Dengan format penelitian deskriptif kualitatif, maka analisis data dilakukan melalui interprestasi berdasarkan pemahaman intelektual yang dibangun oleh pengalaman empiris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pendidikan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang diukur dari indikator yaitu : pemerataan pendidikan, mutu pendidikan, relevansi pendidikan dan efisiensi internal pendidikan sudah termasuk baik, namun apabila dilihat dari masing-masing indikator menunjukkan adanya perbedaan kinerja tersebut. Pemerataan pendidikan di Kabupaten Deli Serdang terutama pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, masih terdapat kesenjangan baik antar daerah kecamatan maupun antar jenjang sekolah. Mutu pendidikan, yang dilihat dari aspek : mutu masukan, mutu proses, mutu SDM, mutu fasilitas dan biaya, menunjukkan bahwa mutu masukan dan mutu proses lebih baik dibandingkan dengan mutu SDM dan mutu kualitas, serta biaya. Relevansi pendidikan di Kabupaten Deli Serdang menunjukan perbedaan antara jenjang pendidikan dasar yang ada, di mana relevansi pada tingkat SD lebih baik dibandingkan dengan relevansi pada tingkat SLTP maupun SLTA. Efisiensi internal pendidikan di Kabupaten Deli Serdang sedang dalam proses perbaikan, yaitu dengan dilakukannya peningkatan kualitas SDM dan sarana serta prasarana yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan di Kabupaten Deli Serdang. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Pendidikan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang terutama adalah faktor-faktor : sumberdaya manusia, sarana dan prasarana serta dukungan pemerintah. | en_US |
dc.description.abstract | The results of the research show that the performance of the government in the education of Deli Serdang regency which are measured from the indicators of even distribution of the education, quality of education, relevance of descriptive research and efficiency of education internal is categorized good. However, seen from each of the indicator, it shows the difference between the performance. It is found the gap in the even distribution for the elementary school, junior high school and senior high school either among the sub-district level or the school level. The quality of the education which are seen from the aspect of input quality, process quality, the quality of human resources, the quality of facilities and cost show that the quality of the input and process quality is better compared to the human resources and quality as well as cost. The relevance of the education in the Deli Serdang regency shows that there is the difference among the level of education in the elementary school, in which the relevance in elementary school is better compared to the relevance in Junior High School and Senior High School. The efficiency of the internal education in Deli Serdang regency is still being in the process which is seen from the improvement in human resource quality, and other required facilities for the education in Deli Serdang regency. The predisposing factors to the performance of the education in Deli Serdang regency are such as human resources, facilities and infrastructures and other supporting facilities. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.subject | kinerja pendidikan | en_US |
dc.subject | pemerataan pendidikan | en_US |
dc.subject | mutu pendidikan | en_US |
dc.subject | relevansi pendidikan | en_US |
dc.subject | efisiensi internal pendidikan | en_US |
dc.title | Analisis Kinerja Pendidikan Kabupaten Deli Serdang (Studi pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Deli Serdang) | en_US |
dc.type | Tesis Magister | en_US |
Appears in Collections: | MT - Master of Public Administration |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
081801099.pdf | Fulltext | 3.96 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.