Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7744
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorArifin, Syamsul-
dc.contributor.advisorArif-
dc.contributor.authorFadlan-
dc.date.accessioned2018-01-25T04:07:54Z-
dc.date.available2018-01-25T04:07:54Z-
dc.date.issued2005-06-30-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7744-
dc.description.abstractPertumbuhan ekonomi suatu negara sangat tergantung pada tersedianya sistem pengangkutan. Dalam hal ini dengan menggunakan transportasi dapat menciptakan suatu barang/komoditas berguna menurut waktu dan tempat. Pada sisi lain penggunaan alat-alat transportasi, seperti angkutan perkotaan, dapat menimbulkan berbagai dampak terhadap lingkungan karena berbagai moda transportasi bekerja dengan menggunakan energi bahan bakar minyak yang menyisakan emisi gas buang berupa CO dan gas jenis lain yang biasa disebut dengan gas rumah kaca. Berdasarkan penelitian yang sangat mendalam yang dilakukan oleh masyarakat internasional, diyakini bahwa gas-gas rnmah kaca yang diproduksi oleh kegiatan manusia ini mernpakan penyebab utama terjadinya pemanasan global (global warning) yang dapat membawa bencana seperti meningkatnya permukaan air laut, merubah siklus musirn, menimbulkan bencana di muka bumi, maka oleh masyarakat internasional yang dimotori oleh PBB telah melahirkan sejumlah kesepakatan dalam penanganan pemanasan global ini melalui konvensi PBB tentang Perubahan Iklim (Climate Change) yang ditindaklanjuti dengan lahimya Protokol Kyoto sebagai indikator nyata keterlibatan negara-negara dalam upaya pengurangan emisi gas buang dengan berbagai bentuk gas rumah kaca. Indonesia sebagai negara berkembang dan sebagai pemilik hutan tropis terbesar ketiga di dunia sejak awal pembahasan masalah pemanasan global ini terus aktif mengikuti berbagai perkembangan yang terjadi yang dilakukan oleh masyarakat internasional. Sehingga berdasarkan keadaan ini yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana komitmen dan peran Pemerintah Indonesia dalam upaya mengendalikan pemanasan global dengan menekan laju pertambahan gas rumah kaca; 2) Sebagai bagian dari negara kesatuan Republik Indonesia bagaimana peran Pemerintah Kota Binjai dalam mempersiapkan sistem transportasi yang berkelanjutan yang memiliki visi ramah lingkungan; 3) Bagaimana hubungan antara pengujian kendaraan bermotor yang dilakukan oleh Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Binjai dalam upaya mengurangi laju pertumbuhan gas rumah kaca yang dapat memicu terjadinya pemanasan global. Dengan pendekatan juridis normatif penelitian ini mencoba menganalisis berbagai instrumen hukum yang ada kaitannya dengan pemanasan global mulai dari tingkat global seperti konvensikonvensi, tingkat nasional sampai dengan produk-produk peraturan di tingkat daerah. Setelah dilakukan analisis terhadap berbagai ketentuan hukum yang disebutkan itu didapat kesimpulan bahwa Pemerintah Indonesia memiliki komitmen yang kuat dalam penanganan isu pemanasan global. Sementara yang berhubungan dengan Kota Binjai sebagai lokasi penelitian ini didapat kesimpulan bahwa meskipun Pemerintah Kota Binjai melakukan pengujian emisi gas buang kendaraan bermotor, akan tetapi orientasinya masih belum difokuskan pada upaya-upaya dari aspek lingkungan untuk berperan dalam penurunan jumlah emisi gas buang berupa gas-gas rumah kaca. Sejalan dengan kesimpulan ini disarankan kepada Pemer1ntah Kota Binjai dalam pelaksanaan iklim otonomi daerah dapat mengupayakan inisiatif daerah untuk menjalankan kebijakan pengujian kendaraan bermotor oleh Balai yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan Kota Binjai dengan visi pengurangan laju penambahan gas rumah kaca. Diharapkan juga kepada Pemerintah Repbulik Indonesia untuk dapat secepatnya meratifikasi Protokol Kyoto, sebab semakin cepat diratifikasi semakin cepat Indonesia dapat mempersiapkan berbagai instrument pendukung yang diperlukan untuk itu.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectEmisien_US
dc.subjectGasen_US
dc.titlePengujian Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Sebagai Upaya Menekan Laju Pemanasan Global (Studi Kasus di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Binjai)en_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
031803046.pdfFulltext4.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.