Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8051
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMunir, Abdul-
dc.contributor.advisorChandra, Andy-
dc.contributor.authorTarigan, Detania Natasha-
dc.date.accessioned2018-02-05T03:38:58Z-
dc.date.available2018-02-05T03:38:58Z-
dc.date.issued2017-06-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8051-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orangtua dengan minat membaca pada siswa-siswi SMA Swasta ST. Yoseph Medan yang berjumlah 60 orang.Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik random sampling.Penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu Skala Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Skala Minat Membaca. Skala Status Sosial Ekonomi Orangtua disusun sendiri oleh peneliti dalam bentuk Skala Likert berdasarkan aspek-aspek menurut Talcon Parsons (dalam Taufik Rahman: 2008) dan (Abdulsyani, 2008).dan Skala Minat Membaca berdasarkan aspek-aspek dalam Sinambela (Sandjaja, 2005), Liliawati (Sandjaja, 2005) (Eliot dkk dalam Sugiarto:2000). Skala Status Sosial Ekonomi Orangtua rbt=0.852 yang terdiri dari 30 aitem, sedangkan Skala Minat Membaca rbt= 0.920 yang terdiri dari 42 item. Hasil penelitian menggunakan Korelasi r Product Moment, diketahui bahwa ada hubungan antara status sosial ekonomi orangtua dengan minat membaca, dimanaRxy = 0,547 ;p< 0,050. Dimana didapat R2= 0,299 atau 29.9%.Hal ini menunjukkan bahwa presentasi sumbangan status sosial ekonomi orangtua terhadap minat membaca sebesar 29.9%en_US
dc.description.abstractThe aim of this research is to know about the relationship between economic and social status with the reading ability for the 60 students of SMA ST. Yoseph Medan. The subject of research technique used the random sampling this research used two scales as a measure, first is parents economic status and the second is their readability status. The firs subject was created by the reseakcher by used the likert scale based on Talcon’s Parsons aspects (Taufik Rahman:2008) and (Abdusyani, 2008). The readability scale based on Sinambela (Sandjaja, 2005), Liliawati (Sandjaja, 2005) (Eliot and friend in Sugiarto: 2000). Economic social status rbt= 0,852 which is Rxy = 0,547 ;p< 0,050.consist 30 items, and the readability status consist of 42 items. The result of the research used the “r corelasiun” between parents social economic and the readability status, which is and it founds R2= 0,299 or 29.9%. This research showed that parents social economic status with the reability students is 29,9%en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectparents economic status, students readibilityen_US
dc.subjectstatus sosial ekonomi orangtua, minat membacaen_US
dc.titleHubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orangtua Dengan Minat Membaca Pada Siswa Siswi SMA Swasta ST. Yoseph Medan XII (IPA-IPS)en_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Detania N.T.pdffulltext16.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.