Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8231
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNur'aini-
dc.contributor.advisorBudiman, Zuhdi-
dc.contributor.authorIrmayani, Puteri-
dc.date.accessioned2018-02-26T02:25:38Z-
dc.date.available2018-02-26T02:25:38Z-
dc.date.issued2017-10-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8231-
dc.descriptionMotivasi belajar adalah suatu dorongan pada diri individu yang tertjadi karena faktor instrinsik atau ekstrinsik, yang mendorong individu untuk melakukan kegiatan belajar yang menjadikan dirinya semangat dan senang dalam belajar sehingga dapat tercapai tujuan yang diinginkan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar pada siswa, salah satuya adalah lingkungan sekolah. Lingkungan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar pada siswa/i SMK Multimedia Pencawan Medan. Subjek penelitian sebanyak 63 siswa. Alat ukur yang digunakan skala motivasi belajar dan skala lingkungan sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahsimplerandom sampling. Data analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik kerelasi product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh koefisien korelasi rxy = 0.482 dengan p < 0,05 artinya ada hubungan positif yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar. Sumbangan efektif variabel lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar sebesar 23,2 %. Hal ini berarti masih terdapat 76,8% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa diluar variabel lingkungan sekolahen_US
dc.description.abstractThe motivation of learning is an impetus on the individual that occurs because of factors intrinsic or extrinsic, which encourages individuals to undertake learning activities that made him the spirit and delight in learning so that the desired goals can be achieved. Many factors can affect the motivation of learning, one of whom is the school environment. The environment is a very influential factors towards the motivation of students to learn. The purpose of this research is to know the relationship between the school environment with learning motivation on student’s SMK Multimedia Pencawan Medan. The subject of research is 63 students. Measuring instrument used learning motivation scale and school environment scale. Sampling technique used was simple random sampling. Based on the results of the analysis Product moment gleaned coefficients correlation rxy = 0.482 with p < 0,05 it means there is a positive correlation between learning motivation and school environment. Effective contribution towards school environment variable of learning motivation 23.2%. This means 76.8% there are still other factors influencing learning motivation on students outside of the school environment variablesen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectschool environment, learning motivationen_US
dc.subjectlingkungan sekolah, motivasi belajaren_US
dc.titleHubungan Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Di Smk Multimedia Pencawan Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
138600099 Puteri I.pdffulltext13.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.