Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8233
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWahyuni, Nini Sri-
dc.contributor.advisorDewi, Salamiah sari-
dc.contributor.authorHutasuhut, Anggi Roma Ito-
dc.date.accessioned2018-02-26T02:36:02Z-
dc.date.available2018-02-26T02:36:02Z-
dc.date.issued2017-11-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8233-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa SMP Swasta Al-Maksum Desa Cinta Rakyat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Swasta Al-Maksum yang berjumlah 70 orang, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: “Ada hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa,” dengan asumsi semakin tinggi dukungan orangtua maka semakin tinggi motivasi belajar siswa dan sebaliknya semakin rendah dukungan orangtua maka semakin rendah motivasi belajar siswa di SMP Swasta Al-Maksum DesaCinta Rakyat. Skala disusun dengan menggunakan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Berdasarkan analisis data, maka terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa dimana rxy= 0,593; p = 0,01< 0,05. Artinya semakin tinggi dukungan orangtua maka semakin tinggi juga motivasi belajar. Berdasarkan hasil ini berarti hipotesis yang diajukan diterima. Dengan adanya sumbangan 35,2% dari dukungan orangtua terhadap motivasi belajar, hal ini berarti masih ada 64,8% lagi dari factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Siswa memiliki dukungan orang tua yang tinggi dengan nilai ratarata hipotetik (80) lebih kecil dari mean empiriknya (104,33) dan selisihnya melebihi bilangan sd (8,347) dan motivasi belajar siswa tergolong tinggi dengan mean hipotetik (85) yang lebih kecil dari mean empiriknya (110,56) dan selisihnya melebihi bilangan sd (9,088)en_US
dc.description.abstractThis study aims to see the relationship between parental support with the motivation of private students in private junior high school Al-Maksum Desa Cinta Rakyat. Subjects in this study were students at SMP Swasta Al-Maksum amounting to 70 people, using random sampling sampling technique. The hypothesis proposed in this research is: "There is a Relationship Between Parent Support with Student Motivation," assuming the higher the Parents Support the higher the motivation of student learning and the lower the support of the parent, the lower the motivation to learn students in SMP Swasta Al- Maksum Desa Cinta Rakyat. The scale is compiled using Likert scale. The data obtained were analyzed using Product Moment correlation atechnique from Pearson. Based on data nalysis, there is a significant positive correlation between parental support with student learning motivation where rxy = 0,593; p = 0.01 <0.05. This means that the higher the support of parents the higher the motivation to learn. Based on this result means the proposed hypothesis is accepted. With the contribution of 35.2% of parental support to motivation to learn, this means there are still 64.8% more than other factors not examined in this study. Students have high parental support with a mean hypothetical value (80) less than the empirical mean (104,33) and the difference exceeds the sd number (8,347) and the student's learning motivation is high with a hypothetical mean (85) smaller than the empirical mean (110.56) and the difference exceeds the sd number (9,088)en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectstudent; motivation to learn; parental supporten_US
dc.subjectsiswa; motivasi belajar; dukungan orangtuaen_US
dc.titleHubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Swasta Al-Maksum Desa Cinta Rakyaten_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
138600160 Anggi Roma.pdffulltext11.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.