Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8482
Title: | Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Subjective Well-Being (Kesejahteraan Subjektif) pada Remaja di SMA Krakatau Medan |
Authors: | Mirakustia |
metadata.dc.contributor.advisor: | Darmayanti, Nefi Hasmayni, Babby |
Keywords: | subjective well-being;dukungan sosial |
Issue Date: | Apr-2013 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan subjective well-being pada remaja SMA Krakatau Medan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan subjective well-being pada remaja di SMA Krakatau Medan. Subjek penelitian yang diambil sejumlah 92 siswa kelas I dan II yang berusia 15-17 tahun. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala dukungan sosial yang terdiri dari 39 butir dan skala subjective well-being 42 butir. Pengolahan data penelitian ini dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi sebesar 0,651 dengan p < 0,01, hal ini berarti ada korelasi positif yang signifikan antara dukungan dengan subjective well-being pada remaja di SMA Krakatau Medan. Hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial semakin tinggi pula subjective well-being. Adapun koefisien determinasi dari korelasi tersebut adalah sebesar R2= 0,378 artinya dukungan sosial memberikan sumbangan efektif terhadap subjective well-being sebesar 37,8% sedangkan sisanya (75,6%) ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. |
URI: | http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8482 |
Appears in Collections: | SP - Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
098600107.pdf | Fulltext | 2.62 MB | Adobe PDF | View/Open |
098600107 - Mira Kustia - Chapter IV.pdf | Chapter IV | 869.2 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.