Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8593
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, M. Rajab-
dc.contributor.advisorLubis, Rahmi-
dc.contributor.authorSiregar, Sujanna Astuti-
dc.date.accessioned2018-04-13T04:43:44Z-
dc.date.available2018-04-13T04:43:44Z-
dc.date.issued2017-11-21-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8593-
dc.descriptionUsia anak pada masa taman kanak-kanak merupakan fase fundamental yang akan menentukan kehidupnnya di masa mendatang. Oleh karena itu tugas perkembangan pada masa anak-anak harus diperhatikan dan dikembangkan dengan maksimal agar tugas perkembangan pada tahap selanjutnya tidak terganggu. Tugas perkembangan pada rentang masa kanak-kanak terdapat delapan hal, diantaranya adalah: belajar menguasai keterampilan motorik halus dan kasar dan berkembang menjadi pribadi yang mandiri. Terdapat beberapa hal yang dapat meningkatkan perkembangan motorik halus dan kemandirian anak, salah satunya dengan bermain anyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bermain anyaman dalam meningkatkan perkembangan motorik halus dan kemandirian anak. Penelitian ini merupakan penelitian Pretest Posttest One Group Design. Populasinya adalah peserta didik rombel B1 dan B2 pada raudhatul atfhal ABATASA YAPUSPENDA Medan sejumlah 32 orang. Jumlah sampel sebanyak 32 orang yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t. Hasil analisis data menunjukkan: (1) terdapat pengaruh bermain anyaman dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak di raudhatul atfhal ABATASA YAPUSPENDA Medan, dan (2) terdapat pengaruh bermain anyaman dalam meningkatkan kemandirian anak di raudhatul atfhal ABATASA YAPUSPENDA Medan.en_US
dc.description.abstractChilds during childhood is a fundamental phase that will determine their future in life. Therefore the task of development in the childhood should be considered and developed with the maximum so that the task of development in the next stage is not disturbed. Developmental tasks in the childhood range are eight things, among which are: learning to master fine motor skills and rough and develop into an independent person. There are several things that can improve the smooth motor development and independence of children, one of them is playing webbing. This research aims to describe the effect of playing webbing in improving the development of fine motor and child independence. This research is Pretest Posttest One Group Design research. The population is students B1 and B2 group on raudhatul atfhal ABATASA YAPUSPENDA Medan number 32 people. The number of samples of 32 people selected by Simple Random Sampling technique. The instrument used is an observation sheet. Data were analyzed using t-test analysis technique. The results of this research are: (1) there is influence of playing webbing in improving the fine motor development of children in raudhatul atfhal ABATASA YAPUSPENDA Medan, and (2) there is influence of playing webbing in improving children independence in raudhatul atfhal ABATASA YAPUSPENDA Medan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectmotorik halusen_US
dc.subjectkemandirianen_US
dc.subjectbermain anyamanen_US
dc.subjectfine motoren_US
dc.subjectindependenceen_US
dc.subjectplaying webbingen_US
dc.titlePengaruh Bermain Anyaman dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus dan Kemandirian Anak Raudhatul Atfhal Abatasa Yapuspenda Kota Medan Sumatera Utara Tahun 2017en_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
151804019.pdfFulltext304.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.