Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8608
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, syaiful akhar-
dc.contributor.advisoraziz, azhar-
dc.contributor.authorDalimunthe, Liany Rosa Indah-
dc.date.accessioned2018-04-16T08:12:58Z-
dc.date.available2018-04-16T08:12:58Z-
dc.date.issued2017-06-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8608-
dc.description.abstractKemandirian belajar merupakan salah satu cambuk untuk menghadapi berbagai tantangan dan tugas-tugas belajar yang dihadapi. Siswa yang mandiri dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugasnya dengan baik meskipun tanpa bantuan orang lain. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 9 Tebing Tinggi. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 9 Tebing Tinggi sebanyak 600 siswa dengan teknik random sampling diperoleh sampel sebesar 120 responden. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara umum kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 9 Tebing Tinggi berada pada kategori normal, sedangkan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 9 Tebing Tinggi tergolong tinggi. Dari hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar dengan korelasi sebesar 0,606 dan p-value 0,000. Hipotesis kedua menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar dengan korelasi sebesar 0,565 dan p-value 0,000. Selanjutnya Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar dengan korelasi sebesar 0,706 dan p-value 0,000. Total sumbangan efektif variabel kecerdasan emosional dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar pada siswa di SMP Negeri 9 Tebing Tinggi adalah sebesar 70,6%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectkecerdasan emosionalen_US
dc.subjectkepercayaan dirien_US
dc.subjectkemandirian belajaren_US
dc.titleHubungan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa di smp negeri 9 tebing tinggien_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Liany Roza Indah Dalimunthe.pdfFultext1.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.