Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8608
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Lubis, syaiful akhar | - |
dc.contributor.advisor | aziz, azhar | - |
dc.contributor.author | Dalimunthe, Liany Rosa Indah | - |
dc.date.accessioned | 2018-04-16T08:12:58Z | - |
dc.date.available | 2018-04-16T08:12:58Z | - |
dc.date.issued | 2017-06 | - |
dc.identifier.uri | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8608 | - |
dc.description.abstract | Kemandirian belajar merupakan salah satu cambuk untuk menghadapi berbagai tantangan dan tugas-tugas belajar yang dihadapi. Siswa yang mandiri dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugasnya dengan baik meskipun tanpa bantuan orang lain. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 9 Tebing Tinggi. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 9 Tebing Tinggi sebanyak 600 siswa dengan teknik random sampling diperoleh sampel sebesar 120 responden. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara umum kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 9 Tebing Tinggi berada pada kategori normal, sedangkan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 9 Tebing Tinggi tergolong tinggi. Dari hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar dengan korelasi sebesar 0,606 dan p-value 0,000. Hipotesis kedua menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar dengan korelasi sebesar 0,565 dan p-value 0,000. Selanjutnya Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar dengan korelasi sebesar 0,706 dan p-value 0,000. Total sumbangan efektif variabel kecerdasan emosional dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar pada siswa di SMP Negeri 9 Tebing Tinggi adalah sebesar 70,6%. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.subject | kecerdasan emosional | en_US |
dc.subject | kepercayaan diri | en_US |
dc.subject | kemandirian belajar | en_US |
dc.title | Hubungan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa di smp negeri 9 tebing tinggi | en_US |
dc.type | Tesis Magister | en_US |
Appears in Collections: | MT - Master of Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Liany Roza Indah Dalimunthe.pdf | Fultext | 1.12 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.