Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8688
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, H. Mulia-
dc.contributor.advisorSiregar, Nurmaida Irawani-
dc.contributor.authorAndriana, Fika-
dc.date.accessioned2018-05-04T03:17:44Z-
dc.date.available2018-05-04T03:17:44Z-
dc.date.issued2017-11-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8688-
dc.descriptionPenelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan Religiusitas Dengan Berfikir Positif Siswa SMP Swasta Raja Garuda Mas Besitang. Diasumsikan bahwa semakin tinggi religiusitas maka semakin tinggi berfikir positif pada siswa sebaliknya semakin rendah religiusitas maka semakin rendah berfikir positifnya. Alat ukur disusun berdasarkan metode skala likert dengan menggunakan aspek-aspek berfikir positif yang meliputi : harapan yang positif, afirmasi diri, pernyataan yang tidak menilai, penyesuaian diri yang realistis. Dan skala religiusitas disusun berdasarkan aspek-aspek yang mempengaruhi religiusitas: religious practice, religious belief, religios knowledge, religious feeling, dan religious effect. Teknik analisis data yang digunakan adalah Product Moment. Berdasarkan analisis data maka diperoleh: 1) ada hubungan positif yang signifikan antara religiusitas dengan berpikir positif. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy = 0,775 ; p < 0,010, Artinya semakin baik religiusitas, maka semakin tinggi berfikir positifnya. 2) Koefisien determinan (r2) dari hubungan antara variabel bebas X dengan variabel terikat Y adalah sebesar r2 = 0,600. Ini menunjukkan bahwa berfikir positif dipengaruhi oleh religiusitas sebesar 60 %, dan terdapat 40 % faktor lain yang mempengaruhi berfikir positifen_US
dc.description.abstractThis research is quantitative research which aims to know Religiusity Relationship with Positive Thinking of VII Grade Students In Private Junior High School Raja Garuda Mas Besitang. It is assumed that the higher the religiosity the higher the positive thinking on the students the lower the religiosity the lower the positive thinking. The measuring tool is based on Likert scale method using positive thinking aspects including: positive expectation, self affirmation, unappreciated statement, realistic adjustment. And the scale of religiosity is based on the aspects that influence religiosity: religious practice, religious belief, religios knowledge, religious feeling, and religious effect. Data analysis technique used is Product moment. Based on the data analysis then obtained: 1) there is a significant positive relationship between religiosity with positive thinking. This result is proved by correlation coefficient rxy = 0,775; p <0.010, It means the better the religiosity, the higher the positive thinking. 2) The determinant coefficient (r2) of the relationship between the independent variable X and the dependent variable Y is equal to r2 = 0.600. This shows that positive thinking is influenced by religiosity by 60%, and there are 40% other factors that affect positive thinkingen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectreligiosity, positive thingkingen_US
dc.subjectreligiusitas, berfikir positif.en_US
dc.titleHubungan Religiusitas dengan Berpikir Positif Siswa SMP Swasta Raja Garuda Mas Besitangen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
138600313_Fika Andriana.pdfFulltext15.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.