Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8695
Title: Hubungan Antara Religiussitas dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMK Telkom Shandy Putra Medan
Authors: Kombih, Ismail
Keywords: presatsi belajar, religiusitas, siswa.
Issue Date: Nov-2017
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara religiusitas dengan presatsi belajar pada siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Telkom Shandy Putra Medan yang mengikuti kegiatan keagamaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang siswa. Adapun pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala. Skala yang digunakan ada dua yaitu skala prestasi belajar dan skala religiusitas. Metode analisis data yang digunakan analisis r product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara religiusitas dengan prestasi belajar pada siswa SMK Telkom Shandy Putra Medan, dengan Rxy = 0,610 dan p=0,000 (p<0,05). Selain itu, koefisien determinan (r²) yang didapat adalah r² =0,372 yang menunjukkan bahwa religiusitas mempengaruhi prestasi belajar sebesar 37,2%. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa siswa SMK Telkom Shandy Putra Medan mempunyai prestasi belajar yang tinggi yang didapat dari hasil mean hipotetik (52,5) lebih rendah dari mean empirik (80,30) dengan standar deviasi sebesar 11,85 dan religiusitas yang juga tinggi yang didapat dari mean hipotetik (50) lebih rendah dari mean empirik (95,73) dengan standar deviasi sebesar 10,25. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara religiusitas dengan prestasi belajar, dimana jika religiusitas tinggi maka semakin tinggi prestasi belajar dan sebaliknya jika religiusitas rendah maka semakin rendah prestasi belajar
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8695
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13.860.0288_Ismail Kombih.pdfFulltext7.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.