Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8836
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKhairul, Saleh-
dc.contributor.advisorSaragih, Faoeza Hafiz-
dc.contributor.authorManalu, Ester Megawati Boang-
dc.date.accessioned2018-06-06T04:51:36Z-
dc.date.available2018-06-06T04:51:36Z-
dc.date.issued2017-11-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8836-
dc.descriptionMengingat pentingnya komoditi kopi arabika bagi petani maka diperlukan gambaran yang jelas tentang saluran pemasaran kopi arabika dari petani produsen sampai ke konsumen akhir(Pedagang) sehingga keuntungan yang diperoleh dapat secara merata.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin, efisiensi pemasaran kopi arabika di desa Sitinjo II, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Metode yang digunakan proportionate stratified random sampling sebanyak 50 petani sedangkan Sampel pedagang pengumpul di ambil dengan metode sensus yaitu sebanyak 5 pedagang dan untuk pabrik di ambil sebanyak 2 pabrik dengan metode Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran kopi arabika dilokasi penelitian yaitu, saluran pertama dimulai dari petani sampai pada pabrik di desa Sitinjo II Kecamatan Sitinjo. Saluran kedua dimulai dari petani, pedagang pengumpul selanjutnya sampai pada pabrik di desa Sitinjo II Kecamatan Sitinjo. Margin pemasaran terbesar adalah RP.4.000 terdapat pada saluran II dan Saluran yang lebih efisien terdapat pada saluran I dengan nilai efisiensi sebesar 7.51 %.en_US
dc.description.abstractMengingat pentingnya komoditi kopi arabika bagi petani maka diperlukan gambaran yang jelas tentang saluran pemasaran kopi arabika dari petani produsen sampai ke konsumen akhir(Pedagang) sehingga keuntungan yang diperoleh dapat secara merata.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin, efisiensi pemasaran kopi arabika di desa Sitinjo II, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Metode yang digunakan proportionate stratified random sampling sebanyak 50 petani sedangkan Sampel pedagang pengumpul di ambil dengan metode sensus yaitu sebanyak 5 pedagang dan untuk pabrik di ambil sebanyak 2 pabrik dengan metode Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran kopi arabika dilokasi penelitian yaitu, saluran pertama dimulai dari petani sampai pada pabrik di desa Sitinjo II Kecamatan Sitinjo. Saluran kedua dimulai dari petani, pedagang pengumpul selanjutnya sampai pada pabrik di desa Sitinjo II Kecamatan Sitinjo. Margin pemasaran terbesar adalah RP.4.000 terdapat pada saluran II dan Saluran yang lebih efisien terdapat pada saluran I dengan nilai efisiensi sebesar 7.51 %.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectarabica coffee, marketing channel, margin, efficiencyen_US
dc.subjectkopi arabika, saluran pemasaran, margin, efisiensien_US
dc.titleAnalisis Pemasaran Kopi Arabika ( Caffeaarabica ) Studikasus:Desa Sitinjo II, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairien_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ester Megawati Boang Manalu.pdfFulltext5.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.