Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9224
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMeutia, Cut-
dc.contributor.advisorAzis, Azhar-
dc.contributor.authorAnryani, Aan Puji-
dc.date.accessioned2018-09-07T02:23:10Z-
dc.date.available2018-09-07T02:23:10Z-
dc.date.issued2015-07-13-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9224-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empirik apakah ada hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada siswa di SMP Negeri 3 Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Jumlah sampel adalah 80 orang siswa SMP Negeri 3 Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Metode pengukuran menggunakan skala yaitu skala kematangan emosi dan penyesuaian diri. Teknik pengambilan data menggunakan total sampling. Hasil analisa data menggunakan teknik r product moment. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima, yaitu ada hubungan positif antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada siswa SMP Negeri 3 Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan r product moment dengan nilai atau koefisien ( Rxy) = 0.494 dan koefisien determinan (R2) = 0.244 dengan p = 0.000 > 0,050. Koefisien determinan (R2) = 0.244 bahwa kematangan emosi menunjukkan sebesar 24,4 %. Selanjutnya dilihat dari perhitungan mean hipotetik = 50,0 dan mean empirik = 76,05 serta Standart deviasi = 10.603 diketahui bahwa penyesuaian diri dalam kategori tinggi. Sedangkan kematangan emosi dari perhitungan mean hipotetik = 60,0 dan mean empirik = 83.76 serta Standart deviasi =13.481 diketahui bahwa kematangan emosi dalam kategori tinggi.en_US
dc.description.abstractThis study aims to find out and test empirically is there a relationship between emotional maturity and self-adjustment students at Medang Deras 3 Public Middle School, Batu Bara Regency. Number of samples is 80 students of Medang Deras 3 Public Middle School, Batu Bara Regency. The measurement method uses a scale that is the emotional maturity scale and adjustment. Data collection techniques using total sampling. Results data analysis using the r product moment technique. Based on data analysis, it was found that the hypothesis proposed in this study was accepted, that is, there is a positive relationship between emotional maturity and self-adjustment for students of Medang Deras Middle School 3, Batu Bara Regency. This matter Proven by calculating r product moment with value or coefficient ( Rxy) = 0.494 and the determinant coefficient (R2) = 0.244 with p = 0.000 > 0.050. The determinant coefficient (R2) = 0.244 that shows emotional maturity 24.4%. Next seen from the calculation of the hypothetical mean = 50.0 and empirical mean = 76.05 and standard deviation = 10.603 is known that adjustment in high category. While emotional maturity from the calculation of the mean hypothetical = 60.0 and the empirical mean = 83.76 and Standard deviation = 13,481 is known that emotional maturity is in the high category.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectkematangan emosien_US
dc.subjectpenyesuaian dirien_US
dc.subjectemotional maturityen_US
dc.subjectadjustmenten_US
dc.titleHubungan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Siswa di SMP Negeri 3 Medang Deras Kabupaten Batubaraen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Aan Puji Anryani - Fulltext.pdfFulltext1.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.