Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9263
Title: Pengaruh Ekuitas Merek dan Kepercayaan Terhadap Volume Penjualan pada UD. Umega Roti Kacang Hj. Eliya Lubis Tebing Tinggi
Authors: Hasibuan, Ariani Khadijah
metadata.dc.contributor.advisor: Effendi, Ihsan
Lubis, Adelina
Keywords: ekuitas merek;kepercayaan;volume penjualan;brand equity;trust;sales volume
Issue Date: 2018
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: This study aims to determine "The Influence of Brand Equity and Trust Against Sales Volume At UD. Umega Roti Kacang Hj. Eliya Lubis Tebing Tinggi". This type of research is associative is a research that is asking the relationship between two variables. Population in this research is all consumer Sales Volume At UD. Umega Roti Kacang Hj. Eliya Lubis Tebing Tinggi as many as 1500 consumers. And by using the technique of slovin formula, then the number of samples in this study as many as 100 respondents taken from some population. Based on t test results can be seen that t arithmetic on brand equity equity of 3.409 is greater than t table of 1660 with the probability sig 0.001 is smaller than the limit of significance of 0.05. Based on these values, the brand equity variable has a positive and significant effect on sales volume variables. In confidence variable equal to 16,479 bigger than t table equal to 1,660 with probability sig 0,002 smaller than limit of significance equal to 0,05, hence trust variable partially have positive and significant influence to sales volume variable. Based on F test result, it is obtained F count value of 320,918> 3.09 with sig 0,000 < 0,05, show Ho rejected and Ha accepted, meaning brand equity and trust simultaneously have positive and significant effect to variable sales volume. R Square value obtained of 0.866. To see the big influence of independent variable to dependent variable by calculating coefficient of determination (KD) = R2 x 100%, so obtained KD = 86,6%. The figure indicates that 86.6% of sales volume (dependent variable) can be explained by brand equity and trust. The remaining 13.4% is influenced by other factors not described in this study.
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Ekuitas Merek dan Kepercayaan Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Umega Roti Kacang Hj. Eliya Lubis Tebing Tinggi”.Jenis penelitian ini adalah asosiatif yaitu suatu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen. Volume Penjualan Pada UD. Umega Roti Kacang Hj. Eliya Lubis Tebing Tinggi sebanyak 1500 konsumen. Dan dengan menggunakan teknik rumus slovin, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden diambil dari sebagian populasi. Berdasarkan hasil uji t dapat dilihat bahwa t hitung pada variabel ekuitas merek sebesar 3.409 lebih besar dari t tabel sebesar 1.660 dengan probabilitas t yakni sig 0,001 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel volume penjualan. Pada variabel kepercayaan sebesar 16.479 lebih besar dari t tabel sebesar 1.660 dengan probabilitas t yakni sig 0,002 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,05, maka variabel kepercayaan secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel volume penjualan. Berdasarkan hasil uji F maka diperoleh nilai F hitung sebesar 320.918 > 3.09 dengan sig 0,000 < 0,05, menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ekuitas merek dan kepercayaan secara serempak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel volume penjualan. Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,866. Untuk melihat besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan cara menghitung koefisien determinasi (KD) = R2 x 100%, sehingga diperoleh KD = 86,6%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 86,6% volume penjualan (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh ekuitas merek dan kepercayaan. Sisanya sebesar 13,4,% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9263
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ariani Khadijah Hasibuan - fulltext.pdfFulltext1.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.