Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9678
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAlfita, Laili-
dc.contributor.advisorNovita, Eryanti-
dc.contributor.authorBangun, Monica Sari-
dc.date.accessioned2018-12-07T07:09:13Z-
dc.date.available2018-12-07T07:09:13Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9678-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Konsep Diri dengan komunikasi interpersonal pada remaja Panti Asuhan Rapha-El Perumnas Simalingkar Medan. Komunikasi interpersonal adalah berinteraksi dengan orang lain, setiap individu akan melakukan komunikasi antar pribadi baik sendiri-sendiri ataupun dalam kelompoknya. Berdasarkan teori yang telah digunakan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal. Semakin tinggi Konsep Diri maka akan semakin tinggi Komunikasi Interpersonal, dan sebaliknya semakin rendah Konsep Diri maka akan semakin rendah Komunikasi Interpersonal. Tipe penelitian digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menngunakan skala model likert untuk komunikasi interpersonal dan skala model Guttman untuk konsep diri. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 30 orang remaja peghuni panti asuhan. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil koefisien rxy= 0,700 dan hasil kriteria P (0,000) dengan P < 0,01 dengan sumbangan efektif yang diberikan konsep diri dengan komunikasi interpersonal sebesar 49,0 % . Hasil perhitungan Mean Hipotetik dan Empirik diketahui variabel Konsep Diri SD sebesar 4,927 Hipotetik 40,5 Empirik 45,57 kategori Tinggi, dan variabel Komunikasi Interpersonal SD sebesar 6,140 Hipotetik 57,5 Empirik 79,57 kategori Tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka hipotesis mengatakan diterima.en_US
dc.description.abstractThis study aims to see the relationship between Self-Concept and interpersonal communication in adolescents Rapha-El Orphanage Perumnas Simalingkar Medan. Interpersonal communication is interacting with other people, each individual will carry out interpersonal communication both individually and in his group. The hypothesis of this study is that there is a positive relationship between Self Concept and Interpersonal Communication. This type of research uses a quantitative approach, with data collection techniques with likert model scale for interpersonal communication and Guttman model scale for self-concept. The sampling technique uses total sampling with a sample of 30 teenagers in orphanage. Analysis of the data using product moment correlation analysis Based on the results of data analysis performed, the results of the coefficient rxy = 0.700 and P criteria (0.000) obtained with P <0.01 with effective contributions given self-concept with interpersonal communication by 49.0%. The results of the calculation of Hypothetical and Empirical Meanings are known as SD Self Concept variables of 4.927 Hypothetical 40.5 Empirical 45.57 High categories, and SD Interpersonal Communication variables of 6.140 Hypotheses 57.5 Empirical 79.57 High categories. Based on the results of this study, the hypothesis is accepted.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectkonsep dirien_US
dc.subjectkomunikasi interpersonalen_US
dc.subjectremajaen_US
dc.subjectself concepten_US
dc.subjectinterpersonal communicationen_US
dc.subjectadolescenten_US
dc.titleHubungan antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Remaja Panti Asuhan Rapha-El Perumnas Simalingkaren_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Monica Sari Bangun - Fulltext.pdfFulltext2.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.