Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9697
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAzis, Azhar-
dc.contributor.advisorDalimunthe, Hairul Anwar-
dc.contributor.authorPasaribu, Vivie Charnelia-
dc.date.accessioned2018-12-14T04:29:45Z-
dc.date.available2018-12-14T04:29:45Z-
dc.date.issued2018-08-14-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9697-
dc.descriptionPengungkapan diri adalah mengungkapkan informasi dan perasaan yang dimiliki individu kepada orang lain. Harga diri adalah penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara harga diri dengan pengungkapan diri. Subjek penelitian adalah mahasiswa/i Fakultas Psikologi UMA. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Skala yang digunakan ada dua yaitu skala pengungkapan diri dan harga diri. Metode analisis data yang digunakan analisis r Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara harga diri dengan pengungkapan diri pada mahasiswa/i Fakultas Psikologi UMA dengan rxy = 0,449 dan p = 0,000 (p < 0,05). Selain itu, koefisien determinan (r2) yang didapat adalah r2 = 0, 201 yang menunjukkan harga diri mempengaruhi pengungkapan diri 20,1%. Mahasiswa/i Fakultas Psikologi UMA memiliki pengungkapan diri yang tinggi yang didapat dari hasil mean hipotetik sebesar (85) < dari mean empirik (98.30 ) dengan SD sebesar 7.923 dan harga diri yang juga tinggi yang didapat dari mean hipotetik (82,5) < dari eman empirik (100.12) dengan SD 13,081. Hal ini menunjukkan hubungan positif antara harga diri dengan pengungkapan diri, di mana jika harga diri tinggi maka semakin tinggi pengungungkapan diri, dan sebaliknya.en_US
dc.description.abstractSelf disclosure is revealing information and feelings that individuals have to others. Self esteem is a person's assessment of himself. This study aims to examine the relationship between self-esteem and self-disclosure. Research subjects were students of the UMA Faculty of Psychology. The sample in this study were 60 students. The sampling technique in this study uses purposive sampling. There are two scales used, namely the scale of self-disclosure and self esteem. Data analysis method used Product Moment r analysis. The results showed that there was a relationship between self-esteem and self-disclosure in the UMA Psychology Faculty students with rxy = 0,449 and p = 0,000 (p < 0,05) In addition, the determinant coefficient (r2) obtained is r2 = 0, 201 which shows self-esteem influences self-disclosure 20.1%. The UMA Faculty of Psychology students have high self-disclosure obtained from the results of the hypothetical mean of (85) <from the empirical mean (98.30) with SD of 7.923 and the high self-esteem obtained from the hypothetical mean (82.5) <of empirical mean (100.12) with SD 13.081. This shows a positive relationship between self esteem and self-disclosure, where if self-esteem is high, the higher self-disclosure, and vice versa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectharga dirien_US
dc.subjectpengungkapan dirien_US
dc.subjectremajaen_US
dc.subjectself esteemen_US
dc.subjectself disclosureen_US
dc.subjectteneegeen_US
dc.titleHubungan antara Harga Diri dengan Pengungkapan Diri pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Whatsapp di Universitas Medan Areaen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Vivie Charnelia - Fulltext.pdfFulltext1.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.