Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9758
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Nurmaida Irawani-
dc.contributor.advisorAnwar, Hairul-
dc.contributor.authorSyahputra, Wahyu Reza-
dc.date.accessioned2019-01-07T01:19:06Z-
dc.date.available2019-01-07T01:19:06Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9758-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar dukungan sosial dengan motivasi belajar remaja pada Sekolah SMK Swasta Dwiwarna Medan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 50 orang remaja pada Sekolah SMK Swasta Dwiwarna Medan. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu Simple. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala Dukungan Sosial dan Motivasi Belajar. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi product moment. Dan dari hasil analisis menunjukkan bahwa remaja yang menjadi sampel penelitian memiliki motivasi belajar pada kategori tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil mean empirik dengan hasil sebesar 89.68 lebih besar dari mean hipotetik sebesar 72.5, sedangkan untuk variabel dukungan sosial mean hipotetik sebesar 73.24 lebih besar dari dari mean empirik sebesar 57.5, dan juga dengan hasil koefisien korelasi (rxy) Sebesar rxy = 0,656 dan koefisiensi determinan (r2) sebesar r2 = 0.431 yang berarti dukungan sosial memiliki bobot sumbangan terhadap motivasi belajar sebesar 43.1% yang berada dalam kategori tinggi.en_US
dc.description.abstractThis study aims to determine the relationship between social support and motivation to learn adolescents at the School SMK Swasta Dwiwarna Medan. In this study using quantitative research methods. The subjects in this study were 50 adolescents at the School SMK Swasta Dwiwarna Medan. With the sampling technique that is Simple. Research data was collected using a scale of Social Support and Learning Motivation. Data analysis was done by product moment correlation technique. And from the results of the analysis show that the teenagers who became the study sample had learning motivation in the high category, this can be seen from the mean empirical results with results of 89.68 greater than the hypothetical mean of 72.5, while for the hypothetical mean social support variable of 73.24 greater than from the empirical mean of 57.5, and also with the results of the correlation coefficient (rxy) of rxy = 0.656 and determinant coefficient (r2) of r2 = 0.431 which means social support has a weight of contribution to learning motivation of 43.1% which is in the high category.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectdukungan sosialen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.subjectremaja smken_US
dc.subjectsocial supporten_US
dc.subjectlearning motivationen_US
dc.titleHubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar Remaja SMK Swasta Dwiwarna Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Wahyu Reza Syahputra - fulltext.pdfFulltext2.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.