Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9759
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanuddin-
dc.contributor.advisorPurba, Anna W D-
dc.contributor.authorUtami, Widya Putri-
dc.date.accessioned2019-01-07T01:23:07Z-
dc.date.available2019-01-07T01:23:07Z-
dc.date.issued2018-08-15-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9759-
dc.descriptionHarga diri merupakan hasil evaluasi individu tentang dirinya sendiri secara positif atau negatif. Evaluasi ini memperlihatkan bagaimana individu menilai dirinya sendiri dan diakui atau tidaknya kemampuan dan keberhasilan yang diperolehnya. Penilaian tersebut terlihat dari penghargaan mereka terhadap keberadaan dan keberartian dirinya sendiri apa adanya (Santrock, 2002). Siswa yang memiliki self-esteem yang tinggi akan memiliki penilaian diri yang positif dan senantiasa termotivasi untuk melakukan hal-hal yang dapat membuat dirinya dihargai oleh orang lain (Nana, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan self-esteem remaja yang memiliki prestasi dengan yang tidak berprestasi. 30 siswa kelas X dan XI yang berprestasi dengan peringkat atau ranking kelas urutan 1-10 dengan 30 siswa yang tidak berprestasi peringkat atau ranking kelas urutan 10 keatas SMA NEGERI 1 KUTACANE dengan total sampel remaja sebanyak 60 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala kemandirian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji beda T-test dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil analisis data menunjukkan nilai F sebesar F = 0.093 dengan p = 0.762 > 0.050. dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 yang artinya ada perbedaan self-esteem pada siswa yang memiliki prestasi dan yang tidak memiliki prestasi.en_US
dc.description.abstractSelf-esteem is the result of an individual's evaluation of himself positively or negatively. This evaluation shows how an individual assesses himself and acknowledges whether or not his abilities and successes are obtained. This assessment can be seen from their appreciation of the existence and meaning of themselves as they are (Santrock, 2002). Students who have high self-esteem will have a positive self-assessment and are always motivated to do things that can make themselves valued by others (Nana, 2010). This study aims to see differences in self-esteem of adolescents who have achievements with those who are not. 30 class X and XI students who excel with class ranks or ranks in the order of 1-10 with 30 students who did not achieve grade 10 ranking or above grade 1 KUTACANE HIGH SCHOOL with a total sample of teenagers as many as 60 students. The sampling technique uses quota sampling technique. Data collection is done using an independence scale. Data analysis was performed using a different test technique T-test with the help of SPSS version 16. The results of data analysis showed F value of F = 0.093 with p = 0.762> 0.050. with a significance level of 0.000, which means there are differences in self-esteem in students who have achievements and who do not have achievements.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectself esteemen_US
dc.subjectsiswa berprestasien_US
dc.subjectsiswa tidak berprestasien_US
dc.titlePerbedaan Self-Esteem Ditinjau dari Siswa yang Memiliki Prestasi Akademik dengan yang Tidak Memiliki Prestasi Akademik di SMA Negeri 1 KUtacaneen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Widya Putri Utami - fulltext.pdfFulltext920.88 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.