Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9813
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, Mitra Mustika-
dc.contributor.advisorSiregar, Rahma Sari-
dc.contributor.authorOktaviani, Tia Karlina-
dc.date.accessioned2019-01-28T01:03:43Z-
dc.date.available2019-01-28T01:03:43Z-
dc.date.issued2018-09-27-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9813-
dc.descriptionPenelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran usaha kecil pengrajin tempe Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Juni 2018. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan cara sensus, dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah 10 responden dan 5 pedagang. Sampel dalam penelitian ini adalah pengrajin tempe yang berada di Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan hasil evaluasi faktor-faktor matriks IFE (internal factor evaluation) dan menggunakan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation), diperoleh jumlah skor kekuatan, skor kelemahan dan EFE diperoleh jumlah skor peluang, skor ancaman diperoleh total skor terbobot sebesar = 2,83. Berdasarkan dari hasil penelitian yang didapat terdapat jenis strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran yang Terkonsentrasi, dimana pengrajin memasarkan tempe dengan pertimbangan keterbatasan produksi yang dihasilkan/ hari dengan permintaan konsumen. Sehubungan dengan kondisi pasar tersebut, dimana pengrajin dalam strategi pemasaran berpangkal pada tipe pengusaha yang bersifat “Pengrajin yang tidak melakukan segmentasi pasar”, karena pengrajin tidak mencari sasaran pada sekelompok segmen tertentu tetapi dia bergerak memperlakukan konsumen pelayanan atau marketing mix yang sama, para pengrajin memberikan pelayanan yang sama kepada seluruh konsumen baik pelanggan baru maupun pelanggan tetap di Kecamatan Galang.en_US
dc.description.abstractThis study research aimed to determine the marketing strategy the craftsman of tempe in Galang District Deli Serdang District. This research was conducted in April-June 2018. This research used sampling method by census, and there are 10 samples and 5 trader in this research. Based on the evaluation results of IFE matrix factors (internal factor evaluation)and using the EFE (external factor evaluation) obtained the number of strength scores, weakness scores and EFE obtained by the number of opportunity scores, threat score obtained by total weighted score = 2,83. Based on the research, there is a marketing strategy. That is a concentrated marketing strategy. Where the craftsman sell the tempe with the limited production, based on condition of market a craftsman in marketing strategy according to the type of entrepreneur “Crasftsman doesn’t market segmentation because a craftsman doesn’t search for targets in a particular/ certain targets but it moves to freat the same customer service of marketing mix, the craftsman provide the same service to all consumers both new customers and regular costumers in Galang District.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectusaha kecilen_US
dc.subjectpengrajin tempeen_US
dc.subjectstrategi pemasaranen_US
dc.subjectpasaren_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Usaha Kecil Pengrajin Tempe (Studi Kasus: Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang)en_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tia Karlina Oktaviani - Fulltext.pdfFulltext1.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.