Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9827
Title: | Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Konsep Diri pada Remaja di SMP PAB 8 Sampali |
Authors: | Siagian, Riza Ainun |
metadata.dc.contributor.advisor: | Siregar, Farida Hanum Azis, Azhar |
Keywords: | dukungan keluarga;konsep diri |
Issue Date: | 23-Aug-2018 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Description: | Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dukungan keluarga dengan konsep diri pada remaja di SMP PAB 8 Sampali. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang sekolah di SMP PAB 8 Sampali yang berjumlah 130 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu skala dukungan keluarga dan skala konsep diri. Analisis data menggunakan teknik korelasi (rxy) sebesar 0,379 dengan p = 0,000 < 0,005, artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dengan konsep diri pada remaja, yang menunjukkan bahwa semakin positif dukungan keluarga yang diterima remaja maka semakin positif konsep dirinya. Sebaliknya semakin negatif dukungan keluarga yang diterima remaja maka semakin negatif konsep dirinya. Dukungan keluarga dalam penelitian ini di SMP PAB 8 Sampali tergolong positif karena (mean empirik =67,74.> mean hipotetik = 62,5 dimana selisihnya melebihi bilangan SD = 4,292). Dan konsep diri juga tergolong positif, karena (mean empirik= 88,82.> mean hipotetik = 70 dimana selisihnya melebihi bilangan SD = 6,831). Adapun koefisien determinasi dari korelasi tersebut sebesar R2 = 0,143 artinya dukungan keluarga memberikan sumbangan efektif terhadap konsep diri sebesar 14,3%. Hasil penelitian ini sesuai hipotesis dengan hasil penelitian di lapangan. |
URI: | http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9827 |
Appears in Collections: | SP - Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Riza Ainun Siagian - Fulltext.pdf | Fulltext | 1.4 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.