Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9846
Title: Perbedaan Motivasi Berprestasi Ditinjau dari Tipe Kepribadian A dan B pada Siswa SMK Tritech Informatika
Authors: Zuraidah S
metadata.dc.contributor.advisor: Alfita, Laili
Nafeesa
Keywords: motivasi berprestasi;tipe kepribadian
Issue Date: 31-Aug-2018
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: This study aims to determine the difference in achievement motivation in terms of Tritech Vocational Students' personality. Achievement motivation is a term that refers to the power of attraction and encouragement that will result in the persistence of behavior directed towards achieving goals. This study uses a quantitative approach with a sample of 64 students, The sampling technique uses Incidental Sampling and the data analysis technique used in this study is Analysis of Variance 1 Pathway. Based on the theoretical review above and based on the description of the problem presented, the research hypothesis is proposed as follows: There are differences in achievement motivation in terms of student personality types. Based on data analysis is known by looking at the value or difference coefficient F = 135.862 has a significance of 0.000 <0.050. With the results of the calculation of hypothetical and empirical mean values known motivation for achievement of personality type A with SD = 9.516 Hypothetical average score of 95 and the average Empiric value of 108.03 is categorized as High, while the achievement motivation for personality type B with SD = 5.742 Average value Hypothesis 95 and mean Empirical 84.16 are categorized as Low. the results of the study were obtained: there were differences in learning motivation between personality type A and personality type B.
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Kepribadian Siswa SMK Tritech. Motivasi berprestasi adalah istilah yang menunjuk pada kekuatan tarikan dan dorongan yang akan menghasilkan kegigihan perilaku yang di arahkan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Penelitian ini disusun berdasarkan metode skala Likert dengan menggunakan skala motivasi berprestasi berdasarkan ciri-ciri menurut McClelland (dalam Sukadji, 2001) adalah: Selalu berusaha, Secara umum tidak menampilkan hasil yang lebih baik, Cenderung mengambil resiko yang wajar (bertaraf sedang) dan diperhitungkan, Tidak didorong atau dipengaruhi oleh rewards (hadiah atau uang), Mencoba memperoleh umpan balik dari perbuatanya, Mencermati lingkungan dan mencari kesempatan/peluang, Bergaul lebih baik memperoleh pengalaman, Menyenangi situasi menantang, Cenderung mencari cara-cara yang unik, Kreatif, Dalam bekerja seakan-akan dikejar waktu. Selanjutnya skala tipe kepribadian disusun berdasarkan ciri menurut Friedman dan Rosenman (dalam Robbins, 2006). Tenik pengambilan sampel menggunakan Incidental Sampling dengan jumlah sampel 64 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Varians 1 Jalur. Berdasarkan tinjauan teori di atas dan berdasarkan uraian permasalahan yang dikemukakan, maka diajukan hipotesis penelitian sebagai berikut: Ada perbedaan motivasi berprestasi ditinjau dari tipe kepribadian siswa dengan asumsikan bahwa tipe kepribadian A memiliki tingkat motivasi berprestasi yang tinggi, sebaliknya tipe kepribadian B memiliki tingkat motivasi berprestasi yang rendah. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil penelitian : ada perbedaan motivasi belajar antara tipe kepribadian A dengan tipe kepribadian B. Hasil ini diketahui dengan melihat nilai atau koefisien perbedaan F= 135.862 memiliki signifikansi 0.000 < 0.050.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9846
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Zuraidah. S - fulltext.pdfFulltext2.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.