Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9857
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHardjo, Suryani-
dc.contributor.advisorNovita, Eryanti-
dc.contributor.authorAndriani, Riska-
dc.date.accessioned2019-02-01T03:20:36Z-
dc.date.available2019-02-01T03:20:36Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9857-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris perbedaan Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Locus Of Control Pada Siswa SMPIT AL FAKHRI. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 83 siswa. Dengan hipotesis: Ada perbedaan kemandirian belajar ditinjau dari locus of control dengan asumsi: siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi kemandirian belajarnya dibandingkan siswa yang memiliki locus of control eksternal. Skala ini diukur dengan menggunakan skala yang dibuat peneliti berdasarkan Havighurst (dalam Sutisna, 2010) menyebutkan kemandirian belajar terdiri dari beberapa aspek : Aspek sosial, Aspek emosi, dan Aspek ekonomi. Selanjutnya alat ukur locus of control pertama kali diciptakan oleh Rotter dengan nama internal-external Scale (I-E Scale), kemudian Levenson (1972) mengembangkannya menjadi skala IPC atau Skala Internal (I), Powerfull Others (P) dan Chance (C). Skala IPC terdiri dari 24 item dan setiap faktornya diwakili oleh 8 item. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil penelitian : Ada perbedaan kemandirian belajar ditinjau dari locus of control dengan asumsi: siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi kemandirian belajarnya dibandingkan siswa yang memiliki locus of control eksternal. Hasil ini diketahui dengan melihat nilai atau koefisien perbedaan Anava F = 953.794 dengan koefisien signifikansi 0,000. Hal ini berarti nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,03.Hipotesis yang diajukan diterima.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectkemandirian belajaren_US
dc.subjectlocus of controlen_US
dc.titlePerbedaan Kemandirian Belajar Ditinjau dari Locus of Control pada Siswa SMPIT Al Fakhrien_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riska Andriani - Fulltext.pdfFulltext1.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.