Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9905
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Nurmaida Irawani-
dc.contributor.advisorBudiman, Zuhdi-
dc.contributor.authorSinulingga, Rini Afritasari Br-
dc.date.accessioned2019-02-15T08:07:54Z-
dc.date.available2019-02-15T08:07:54Z-
dc.date.issued2017-11-01-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9905-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Faktor-faktor Disiplin Belajar siswa. Disiplin Belajar adalah upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu atau masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib sekolah yang muncul dari dalam dirinya (Rachman dalam bukunya Tu’u, 2004). Dimana dalam penelilian ini kondisi di sekolah Yayasan Pendidikan Gotong Royong Kuala sangat mempengaruhi disiplin belajar dengan kekurangan dalam minat belajar, masuk kelas telat, guru yang kurang dalam mengajar, dan tanpa disiplin tidak akan ada kesepakatan antara guru dan siswa yang mengakibatkan prestasi yang di capai kurang optimal terutama dalam belajar. Maka dari itu di dalam penelitian ini mengkaji tentang beberapa factor disiplin belajar pada siswa. Adapun factor disiplin belajar menurut Wahab, Meliputi factor ekstrinsik dan intrinsik. Faktor ekstrinsik meliputi factor social dan nonsosial sedangkan intrinsic meliputi factor Fisiologis dan psikologis. Berdasarkan dari pemaparan diatas peneliti memfokuskan arah penelitian ini berdasarkan suatu kasus yang ada di sekolah SMA YPGR KUALA. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (2 kelas), kelas XI (2 kelas), yang berjumlah 100 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode skala Guttman yang memiliki 2 pilihanyaitu YA dan TIDAK. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi Disiplin Belajar yaitu : 1) psikologis memiliki kontribusi tinggi sebesar 0,961, 2) social memiliki kontribusi sebesar 0,930, 3) non social memiliki kontribusi sebesar 0,907, 4) fisiologis memiliki kontribusi sebesar 0,825.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectfaktor disiplinen_US
dc.subjectdisiplin belajaren_US
dc.titleStudi Identifikasi Faktor-Faktor Disiplin Belajar di Sekolah SMA YPGR Kualaen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rini Afritasari Br. Sinulingga - Fulltext.pdfFulltext2.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.