Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13578
Title: Hubungan Dukungan Orang Tua dan Prestasi Belajar dengan Stres Belajar pada Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara
Authors: Harahap, Juni Panca Sari
metadata.dc.contributor.advisor: Munir, Lubis
Lubis, Saiful Akhyar
Keywords: Dukungan Orang Tua;Prestasi Belajar;Stres Belajar
Issue Date: Mar-2019
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dan prestasi belajar dengan stres belajar pada siswa, mengetahui besar sumbangan dukungan orang tua dan prestasi belajar terhadap stres belajar pada siswa. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri Binaan Provsu berjumlah 205 siswa. Pengambilan sampel secara random sampling berjumlah 85 siswa. Objek penelitian ini terdiri atas tiga variabel, yaitu variabel terikat adalah stres belajar dan variabel bebas adalah dukungan orang tua dan prestasi belajar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dalam bentuk skala yang mengacu pada pernyataan seseorang terhadap dirinya sendiri. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji regresi berganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil terdapat hubungan negatif dukungan orang tua dan prestasi belajar dengan stres belajar. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi, dimana rxy = -0.500; p = 0.000 < 0.050. Sumbangan efektif untuk dukungan orang tua dengan stres belajar sebesar 14.4% dan sumbangan efektif untuk prestasi belajar dengan stres belajar sebesar 20.8%. dari hasil perhitungan mean hipotetik dan mean empirik diperoleh dukungan orang tua dan prestasi belajar tergolong rendah namun hasil perhitungan mean hipotetik dan mean empirik diperoleh stres belajar tergolong tinggi. This study aims to determine the correlation of parent support and learning achievement with learning stress, knowing the contribution of parent support and learning achievement to learning stress at students. The approach of this research is quantitative research with correlational research type. The subjects of this study are students of Class XI SMK Negeri Binaan Provsu amounted to 205. Sampling in random sampling amounted to 85 students. The object of this study consists of three variables, namely the dependent variable is learning stress and the independent variable are parent support dan learning achievement. The data collection technique conducted in this research in using questionnaire in the form of scale that refers to the statement of himself. Data analysis techniques are used to answer this research hypothesis is multiple regression test. Based on the data analysis, obtained results there is a negative relationships parent support and learning achievement with learning stress. This results is evidenced by the correlation coefficient, where rxy = -0.500; p = 0.000 < 0.050. The effective contribution between parent support and learning stress is as much as 14.4% and between learning achievement and learning stress is as much as 20.8%. Thus, from the calculation of hypothetical mean and empirical mean, it is gained the parent support and learning achievement in the low category and the calculation of hypothetical mean and empirical mean, it is gained the learning stress in the high category.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13578
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
171804057 - Juni Panca Sari Harahap - Fulltext.pdfChapter I, II, III, V, Bibliography740.21 kBAdobe PDFView/Open
171804057 - Juni Panca Sari Harahap - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV198.08 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.