Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19230
Title: Strategi Komunikasi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Desa Pollung Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan
Other Titles: Village Head Communication Strategy in Improving Services to the Community in Pollung Village District of Pollung Regency Humbang Hasundutan
Authors: Lumban Gaol, Ika Winda
Keywords: communication strategy;pollung village service;community;strategi komunikasi;pelayanan desa pollung;masyarakat
Issue Date: 30-Sep-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188530044
Abstract: Latar belakang pada penelitian ini adalah upaya pemerintahan desa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terbilang efektif dan baik, terutama dalam hal penyampaian informasi atau pesan kepada masyarakat, sehingga masyarakat menjadi salah tanggap akan informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi kepala desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala dan hambatan Kepala desa Pollung dalam melayani masyarakat di Desa Pollung Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan. Sumber data dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder yang mana data primer diperoleh dari Kepala Desa Pollung dan masyarakat yang ada di Desa Pollung sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal dan buku pendukung lainnya.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, studi kepustakaan dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kepala Desa Pollung sudah melayani masyarakat dengan baik dengan strategi implementasi, pendukung dan integrasi dan tentu melayani sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing aparatur desa, namun hanya saja perlu penyampaian informasi yang lebih efektif lagi, dikarenakan banyak masyarakat salah tanggap akan beberapa informasi seperti bantuan sosial untuk masyarakat. Disamping itu dikarenakan keterbatasan anggaran dana desa maka pembangunan desa sedikit terkendala dan perlu waktu lebih banyak lagi. The background in this research is that the village government's efforts to improve services to the community are effective and good, especially in terms of delivering information or messages to the community, so that the community becomes misresponsive to the information. This study aims to determine the village head's communication strategy in improving the quality of service to the community, and to find out what are the obstacles and obstacles to the Pollung village head in serving the community in Pollung Village, Pollung District, Humbang Hasundutan Regency. The sources of data in this study were primary and secondary, in which primary data was obtained from the village head of Pollung and the people in the village of Pollung, while secondary data was obtained from journals and other supporting books. The research method used in this study was descriptive qualitative method. Data collection techniques used in this study were interviews, literature study and observation. The results of this study are that the Pollung Village Head has served the community well with implementation, support and integration strategies and of course served according to the main tasks and functions of each village apparatus, but it just needs to deliver more effective information, because many people are misresponsive. will some information such as social assistance for the community. In addition, due to the limited budget of village funds, village development is a bit constrained and needs more time
Description: 87 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19230
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188530044 - Ika Winda Lumban Gaol - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV658.37 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
188530044 - Ika Winda Lumban Gaol - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.