Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24378
Title: Kajian Sekolah Lapangan dan Motivasi Terhadap Penyelamatan Daerah Hulu Das Deli di Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang
Other Titles: Field School Study and Motivation for Saving the Upper Deli Das Area in Sibolangit District, Deli Serdang Regency
Authors: Nengsih, Retna
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Satia Negara
Keywords: sekolah lapangan;penyelamatan daerah hulu DAS
Issue Date: Oct-2009
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;05800008
Abstract: Pembangunan dan lingkungan mempunyai hubungan timbal balik. Di dalam pembangunan, masyarakat merupakan konsumen yang berperan aktif dalam proses pemanfaatan sumberdaya alam. Masyarakat sangat tergantung kepada sumberdaya alam dan kelestarian sumberdaya alam sangat dipengaruhi oleh aktivitas masyarakat. Upaya masyarakat untuk meningkatkan perekonomian harus disertai upaya untuk mempertahankan dan memperbaiki kualitas lingkungan. Kondisi sosial ekonomi dan budaya masyarakat dalam ekosistem DAS mempengaruhi kelestarian suatu DAS, sehingga dalam pengelolaan DAS salah satu upaya yang dilakukan adalah pembinaan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam penggunaan sumber daya alam secara bijaksana, sehingga ikut berperan serta pada upaya pengelolaan DAS (Kepmenhut No. 521Kpts-II/200 1, 200 I). Dan secara Mikro salah satu kegiatan pokok yang harus ada dalam areal pengelolaan adalah pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kapasitas individu, daya saing, jejaring kerja dan kelembagaan masyarakat sebagai persiapan dalam melaksanakan pengelolaan model Rehabilitasi Hutan dan Lahan (Buku Pedoman Pembangunan Areal Model DAS Mikro, 2003).
Description: 70 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24378
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
05800008 - Retna Nengsih Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography15.7 MBAdobe PDFView/Open
05800008 - Retna Nengsih Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV5.88 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.