Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24440
Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Laundry Jevan Dikota Medan
Other Titles: The Influence of Service Quality and Price on Consumer Satisfaction in Jevan Laundry in Medan City
Authors: Gaol, Elis Grace Lumban
metadata.dc.contributor.advisor: Nasution, Amrin Mulia Utama
Keywords: kualitas pelayanan;harga;kepuasan konsumen;service quality;price;customer satisfaction
Issue Date: Mar-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320126
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Laundry Jevan di Kota Medan”. Jenis penelitian ini adalah asosiatif yaitu suatu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel dimana variabel-variabel diukur dengan metode skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berulang-ulang menggunakan jasa laundry antara 2-3 kali selama 3 bulan adalah sebanyak 152 pelanggan pada Laundry Jevan di kota Medan. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling atau sampel jenuh, maka jumlah sampel dalam penelitian ini diambil dari keseluruhan populasi berjumlah 152 responden. Berdasarkan uji t dapat dilihat bahwa t hitung pada variabel kualitas pelayanan sebesar 2,459 lebih besar dari t tabel sebesar 1,645 dengan probabilitas t yakni sig 0,029 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Pada variabel harga sebesar 7,609 lebih besar dari t tabel 1,645 dan probabilitas t yakni 0,012< 0,05, maka variabel harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji F maka diperoleh nilai F hitung sebesar 32,728 >3,06 dengan sig 0,000 < 0,05, berarti kualitas pelayanan dan harga secara serempak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,616. Untuk melihat besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan cara menghitung koefisien determinasi (KD) = R2 x 100%, sehingga diperoleh KD = 61,6%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 61,6 kepuasan konsumen (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan harga, sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. This study aims to find out “The effect Service Quality and Price to Customer Satisfaction Choosing Laundry Service at Jevan Laundry Medan”. This type of research is associative which is a research that the asking the relationship between two variables where the variables are measured by the likert scale method. The population in this study were customer who repeatedly used laundry service 2-3 times for 3 months as many as 152 customer. In this study the sampling method was carried out using the total sampling technique or saturated sample, so the number of sample in this study was taken from the entire population of 152 respondents. Based on the results of the t test it can be seen that t count on the brabd trust variabel of 2,459 is greater than t table at 1,645 with the probability of t being sig 0,029 smaller than the significance limit of 0,05. Based on these values, the service quality variabel has a positive and significant effect on the customer satisfaction variables. In the price variabel of 7.609 greater than t table of 1,645 with probability t that is sig 0,012 < 0,05, then the brand image variabel has a positive and significant influence on the customer satisfaction variabel. Based on the result of the F test, the calculated F value is 32,728 >3,06 with sig 0,000 < 0,05, meaning that service quality and price simultanously have a positive and significant effect on customer satisfaction variables. The value of R Square obtained is 0,616. To see the influence of the independent variable by calculating the coefficient of determination (KD) = R2 x 100%, KD is obtained by 61,6%. This figure shows that 61,6% customer satisfaction (the dependent variabel) can be explained by brand trust and brand image, the remaining 38,4% is influenced in this study.
Description: 70 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24440
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320126 - Elis Grace Lumban Gaol Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.34 MBAdobe PDFView/Open
178320126 - Elis Grace Lumban Gaol Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV831.04 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.