Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25091
Title: Akibat Hukum terhadap Pendaftaran Merek dengan Itikad Tidak Baik (Studi Kasus Putusan No: 06/Merek/2010/PN.Niaga.Mdn)
Other Titles: Legal Consequences of Mark Registration in Bad Faith (Case Study Decision No: 06/Merek/2010/PN.Niaga.Mdn)
Authors: Siahaan, Catherine
metadata.dc.contributor.advisor: Maswandi
Harahap, Abi Jumroh
Keywords: pendaftaran;merek;itikad tidak baik;registration;brand;faith no good
Issue Date: 12-Sep-2014
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;108400025
Abstract: Skripsi ini membahas tentang akibat hukum terhadap pendaftaran merek dengan itikad tidak baik yang mana penelitian dalam penulisan skripsi dengan mangambil kasus yang berkaitan dengan judul yaitu tentang merek. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana tentang pengaturan merek, kenapa merek tidak dapat didaftarkan dan apa akibat hukum jika merek didaftarkan dengan itikad tidak baik. Tujuan dan alasan pemiliban judul untuk mengetahui atas sutu permasalahan yang akan dibahas tentang merek dengan meggunakan metode melalui buku atau bahan kuliah dan kdapangan dengan membahas kasus. Penulisan karya ilmiah selalu memunculkan permasalahan yang akan dibahas dalam pemaparan dan pemahaman isi penulisan. Adapun permasalahan dalam penulisan ini adalah bagaimana pengaturan tentang hak merek, apa faktorfaktor penyebab merek tidak dapat didaftarkan dan bagaimana akibat hukum atas pendaftaran merek dengan itikad tidak baik. Kemudian, untuk mengetahui data yang dipergunakan dalam penulisan ini maka penulis mempergunakan 2 (dua) metode: 1. Penelitian kepustakaan (library research) yaitu dengan melakukan penelitian terhadap berbagai sumber bacaan yaitu buku-buku, majalah hukum, pendapat para sarjana dan juga bahan-bahan kuliah, 2. Penelitian lapangan (field research) yaitu dengan melakukan kelapangan dalam hal ini penulis langsung melakukan studi pada pengadilan niaga medan dengan mengambil kasus tentang merek yaitu Putusan No:06/Merek/2010/PN.Niaga, Mdn. Dari hasil penelitian tergambar bahwa merek merupakan salah satu bagian dari Hak Kekayaan Intelektual yang merupakan harus dilindungi. Pengaturan merek sekarang diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001. Merek hams didaftatkan sesuai dengan prosedu.t dail ketettian yang berlaku pada Kementerian Hukum dan HAM cq. Direktorat Hak Kekayaan Intelektual dan harus memenuhi syarat yang telah ditentukan salah satunya dengan itikad baik. Perlindungan hukum atas kepemilikan hak merek berupa hak yang resmi. Bila pendaftaran merek dengan itikad tidak baik. maka sebagai akibat hukumnya adalah dengan pembatalan hak merek tersebut dan tidak mendapat perlindungan hukum, bagi pihak yang merasa dirugikan dapat menyelesaikan sengketa yang ada melaluijalur pengadilan sesuai dengan ketentuan yang ada. The title of this scription is about the legal effect of the registration of the mark in bod faith in which research in the writing of the take cases relating to the title of the brand. Issues raised are how about setting up a brand, why brands can not be registered and what the legal consequences if the mark be registered in bad faith. The purpose and reasons for selecting the title above to find out one way or the issues to be discussed about the brand is by using a method through a book or lecture materials and spaciousness to discuss the case. Writing scientific papers always raises issues that will be discussed in the presentation and understanding of the content of the writing. The problems in this paper is how the settings on the right of the brand, what brand causal factors can not be registered and how the legal consequences of trademark registration in bad faith. Then, to determine the data used in this paper, the authors use two (2) methods: 1. The research literature (library research) is to conduct research on a variety of reading materials, namely books, magazines law, the opinions of scholars and also brief set lecture material, 2. Field research (field research) is to perform spaciousness in this case the authors conducted a field at the commercial court to take the case on brand namely Decision No: 06/Merek/201 OIPNNiaga, Mdn. From the results of the study illustrated that the brand is one part of the Intellectual Property Rights which are to be protected. Setting the brand is now regulated in Law Number 15 Year 2001 Brand must be registered in accordance with the applicable procedures and in this case the Ministry of Justice and Human Rights. Directorate of Intellectual Property Rights and must meet the requirements specified one of them in good faith. Legal protection of ownership rights of the brand in the form of official right. When a trademark registration in bad faith. then as a legal consequence is the cancellation of the trademark rights and have no legal protection, for those who feel aggrieved can resolve existing disputes through the courts in accordance with existing.
Description: 70 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25091
Appears in Collections:SP - Civil Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
108400025 - Catherine Siahaan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography16.29 MBAdobe PDFView/Open
108400025 - Catherine Siahaan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV4.81 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.