Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26463
Title: Hubungan antara Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Perilaku Membolos Siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Alwashliyah Kota Tebing Tinggi
Other Titles: The Correlation between Parental Attention and Learning Motivation with Truant Behavior of Students in MAs Alwashlivah Tebing Tinggi
Authors: Nst, Ade Putri Handayani
metadata.dc.contributor.advisor: Nuraini
Fadilah, Risydah
Keywords: perhatian orang tua;motivasi belajar;perilaku membolos;parental attention;learning motivation;truant behavior
Issue Date: 29-May-2024
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;211804032
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Perilaku Membolos Siswa MAs Alwashliyah Kota Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 201 siswa dan sampel 110 siswa. Sampel di ambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis penelitian di MAs Alwashliyah Kota Tebing Tinggi, diketahui diketahui bahwa hubungan negatif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan perilaku membolos dilihat dari nilai koefisien (Rxy) = -0,572 dengan p = 0.000 < 0.050. Begitu juga dengan nilai koefisien diterminan (R2) yang memiliki nilai 0.327, artinya adalah bahwa perhatian orang tua berkontribusi sebesar 32,7% terhadap perilaku membolos siswa pada MAs Alwashliyah Kota Tebing Tinggi. Selanjutnya diketahui ada hubungan negatif yang signifikan antara motivasi belajar dengan perilaku membolos yang mana dilihat dari nilai koefisien (Rxy) = -0,658 dengan p = 0.000 < 0.050. Begitu juga dengan nilai koefisien diterminan (R2) yang memiliki nilai 0,432, artinya adalah bahwa motivasi belajar siswa tersebut berkontribusi sebesar 43,2% terhadap perilaku membolos Mas Alwashliyah Kota Tebing Tinggi. Dari hasil analisi regresi berganda diketahui bahwa terdapat hubungan negatif antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan perilaku membolos. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien F reg = 48.230 dengan p < 0.05, dan koefisien korelasi R = -0.565 dengan p < 0.05 dan R2 = 0.319; dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengeruh terhadap perilaku membolos, kontribusi keduanya dalam memunculkan perilaku membolos adalah sebesar 31.9 %. The aim of the research is to find out and analyze the correlation between parental attention and learning motivation and truancy behavior of students in MAs Alwashliyah Tebing Tinggi. The research method used is quantitative research with a correlational approach. The research population consisted of 201 students and a sample of 110 students. Samples were taken using purposive sampling technique. Based on the results of research analysis at MAs Alwashliyah Tebing Tinggi, it is known that there is a significant negative correlation between parental attention and truant behavior as seen from the coefficient value (Ray) = -0.572 with p = 0.000 < 0.050. Likewise, the diterminant coefficient (R2) value is 0.327, meaning that parental attention contributes 32.7% to students' truant behavior at MAs Alwashirvah Tebing Tinggi. Furthermore, it is known that there is a significant negative correlation between learning motivation and truancy behavior which can be seen from the coefficient value (R) - 0.658 with p=0.000<0.050. Likewise, the diiterminant coefficient (R) value is 0.432, meaning that the student's learning motivation contributes 43.2% to truant behavior students in Mas Alwashliyah's Tebing Tinggi. From the results of multiple regression analysis, it is known that there is a negative correlation between parental attention and learning motivation and truant behavior. This is indicated by the coefficient F reg=48.230 with p <0.05, and the correlation coefficient R=-0.565 with p<0.05 and R2 = 0.319; Thus it can be concluded that parental attention and learning motivation jointly influence truant behavior, the contribution of both in generating truant behavior is 31.9%.
Description: 138 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26463
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
211804032 - Ade Putri Handayani Nst - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.91 MBAdobe PDFView/Open
211804032 - Ade Putri Handayani Nst - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV433.7 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.