Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27142
Title: Pengaruh Lingkungan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Binjai
Other Titles: The Influence Of Family Environment With Learning Achievement Of Students In Class Viii Smp Negeri 13 Binjai City
Authors: Feabiel, Hikia
metadata.dc.contributor.advisor: Fauzan, Khairil
Keywords: family environment;learning achievement
Issue Date: 15-Mar-2025
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;188600053
Abstract: Lingkungan keluarga adalah pendidikan pertama dan utama bagi anak. Lingkungan keluarga adalah salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya kegiatan dan proses belajar/pendidikan. Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama dalam masyarakat, karena dalam keluargalah manusia dilahirkan, berkembang menjadi dewasa dan keluarga juga merupakan lembaga pendidikan tertua, bersifat informal. Prestasi belajar siswa adalah hasil yang diperoleh oleh siswa setelah melakukan usaha belajar berupa penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan terhadap mata pelajaran yang ditunjukkan oleh nilai ulangan harian semester yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Binjai. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Expostfacto. Responden dalam penelitian ini berjumlah 110 siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar dengan perolehan F hitung 4,66. Sedangkan pada taraf kesalahan 5% F tabel (1,108) diperoleh sebesar 3,94 sehingga F hitung > F tabel, sehingga Ha diterima. Perhitungan persamaan regresi menunjukkan Y= 80,497 + 0,135X artinya apabila faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dalam lingkungan keluarga bertambah, maka prestasi belajar siswa akan bertambah 0,135. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Hal ini harus menjadi perhatian untuk orangtua dan guru dalam mendidik, membimbing, dan memperhatikan anak. The family environment is the first and main education for children. The family environment is one of the factors that influence the occurrence of activities and the learning / education process. The family is the first and main educational institution in society, because it is in the family that humans are born, develop into adults and the family is also the oldest educational institution, informal in nature. Student learning achievement is the result obtained by students after making learning efforts in the form of mastery of knowledge, attitudes and skills towards subjects as indicated by the semester daily test scores given by the teacher. This study aims to determine the effect of family environment on the learning achievement of class VIII students of SMP Negeri 13 Kota Binjai. This type of research uses a quantitative approach with the type of Expostfacto research. Respondents in this study totaled 110 students. The results of the analysis showed a positive and significant influence between the family environment on learning achievement with the acquisition of F count 4.66. While at the 5% error rate, the F table (1.108) is obtained at 3.94 so that F count> F table, so Ha is accepted. The calculation of the regression equation shows Y = 80.497 + 0.135X meaning that if the factors that influence learning in the family environment increase, then student learning achievement will increase by 0.135. Based on the results of the study it can be concluded that there is a relationship
Description: 102 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27142
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188600053 - Hikia Feabiel - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.53 MBAdobe PDFView/Open
188600053 - Hikia Feabiel - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV665.49 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.