Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27552
Title: Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Usaha Kuliner Angkringan di Kesawan City Walk Medan
Other Titles: The Influence of Entrepreneurial Orientation, Market Orientation, and Product Innovation on Competitive Advantage in Angkringan Culinary Business at Kesawan City Walk Medan
Authors: Abadi, Tri Ayu
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Muhammad Yamin
Keywords: orientasi kewirausahaan;orientasi pasar;inovasi produk terhadap keunggulan bersaing;product innovation towards competitive advantage
Issue Date: Apr-2025
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188320125
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Usaha Kuliner Angkringan Di Kesawan City Walk Medan”. Penelitian ini disusun menerapkan teknik kuantitatif asosiatif kausal dengan jumlah populasi sebanyak 116 responden dan sampel sebanyak 90 responden yang berstatus sebagai pelaku usaha angkringan di Kesawan City Walk Medan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menerapkan metode purposive sampling. Data yang dikumpul diperoleh menggunakan langkah menyebar langsung kuesioner sehingga data yang terkumpul dapat dilakukan pengolahan dengan SPSS untuk mendapatkan hasil penelitian. Dari hasil temuan parsial parsial orientasi kewirausahaan tidak memberi pengaruh pada keunggulan bersaing, secara parsial orientasi pasar dan inovasi produk memberi pengaruh positif dan nyata pada keunggulan bersaing, sementara itu secara simulant orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk memberi pengaruh positif dan nyata pada keunggulan bersaing. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi (R2) mendapati nilai sebesar 0,303 atau setara dengan 30,3%. Hal tersebut mendeskripsikan bahwa nilai varians yang dimiliki oleh Keunggulan Bersaing dari variabel Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk yaitu sebesar 30,3% dan sisanya sebesar 69,7% ditentukan dari pengaruh variabel atau sejumlah faktor lainnya yang tidak diamati dan tidak dijelaskan pada penelitian ini. This study aims to determine "The Influence of Entrepreneurial Orientation, Market Orientation, and Product Innovation on Competitive Advantage in Angkringan Culinary Business in Kesawan City Walk Medan". This study was compiled by applying a quantitative associative causal technique with a population of 116 respondents and a sample of 90 respondents who have the status of angkringan business actors in Kesawan City Walk Medan. The sampling technique in this study is to apply the purposive sampling method. The data collected were obtained using the step of directly distributing questionnaires so that the collected data can be processed with SPSS to obtain research results. From the findings, partial entrepreneurial orientation does not have an effect on competitive advantage, partially market orientation and product innovation have a positive and real effect on competitive advantage, while simultaneously entrepreneurial orientation, market orientation and product innovation have a positive and real effect on competitive advantage. In addition, the results of the determination coefficient test (R2) found a value of 0.303 or equivalent to 30.3%. This describes that the variance value owned by Competitive Advantage from the variables of Entrepreneurial Orientation, Market Orientation, and Product Innovation is 30.3% and the remaining 69.7% is determined by the influence of variables or a number of other factors that are not observed and not explained in this study.
Description: 10 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27552
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188320125 - Tri Ayu Abadi - Fulltext.pdfFulltext426.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.