Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27880
Title: Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Self Disclosure di Instagram pada Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Other Titles: The Influence of Self-Confidence on Self-Disclosure on Instagram among Students of SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Authors: Siagian, Vivit Tio Dora
metadata.dc.contributor.advisor: Barus, Rehia Karenina Isabella
Keywords: kepercayaan diri;self disclousure;instagram
Issue Date: 25-Mar-2025
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;208530043
Abstract: Kepercayaan diri merupakan suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga dalam tindakan-tindakannya tidak ter1alu cemas, merasa bebas untuk melakukan ha1-hal yang sesuai dengan keinginan dan tanggung jawab atas perbuatannya, sopan dalam berinteraksi dengan orang Jain, memiliki dorongan prestasi serta dapat mengenal ke1ebihan dan kekurangan diri sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri siswa SMK Negeri I Percut Sei Tuan terhadap self disclosure di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan melalui link google fonn. Dengan sampel terdiri dari 100 siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan teori Self Disclosure. Penelitian ini mendapatkan hasil nilai signifikan (sig) sebesar 0,000 dimana nilai tersebut < 0,05. sehingga Ho da1am penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap se1fdisc1ouser pada siswa SMK Negeri I Percut Sei Tuan. Hasil koefisien regresi dalam penelitian in] memiliki nilai sebesar 0,695 yang menunjukkan adanya hubungan yang cukup erat antara variabel kepercayaan diri (X) dengan variabel self disclosure (Y). Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,250 mengindikasikan bahwa variabel X memberikan pengaruh sebesar 25% terhadap variabel Y. Self-confidence is an attitude or belief in one's own abilities, allowing one to act without anxiety, feel free to act according to one's desires and take responsibility for one's actions, be polite in interactions with others, have a drive to achieve, and recognize one's own strengths and weaknesses. The purpose of this study was to determine the effect of self-confidence on self-disclosure among students at State Vocational High School 1 Percut Sei Tuan. This study used a quantitative method with data collection through a questionnaire distributed via a Google search link. The sample consisted of 100 students at State Vocational High School 1 Percut Sei Tuan. This study employed the theory of self-disclosure. This study obtained a significance value (sig) of 0.000, which is <0.05. Therefore, Ho is rejected and Ha is accepted. These results indicate that self-confidence influences self-disclosure among students at State Vocational High School 1 Percut Sei Tuan. The regression coefficient in this study was 0.695, indicating a fairly close relationship between the self-confidence variable (X) and the self-disclosure variable (Y). The coefficient of determination in this study, 0.250, indicates that variable X has a 25% influence on variable Y.
Description: 75 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27880
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208530043 - Vivit Tio Dora Siagian - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV402.65 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
208530043 - Vivit Tio Dora Siagian - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.