Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28704
Title: Analisis Saluran Pemasaran Salak Pondoh ( Salacca edulis Reinw ) Desa Rumah Lengo Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang
Other Titles: Marketing Channel Analysis of Pondoh Salak (Salacca edulis Reinw) in Rumah Lengo Village, STM Hulu District, Deli Serdang Regency
Authors: Br Barus, Umike Rosella
metadata.dc.contributor.advisor: Nurcahyani, Marizha
Keywords: Salak;Saluran Pemasaran;Bagian yang diterima Petani;Margin Pemasaran;Efisiensi;Share received by Farmers;Marketing Channels
Issue Date: 8-Aug-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198220098
Abstract: Penelitian ini mengenai pemasaran salak pondoh di Desa Rurnah Lengo Kecamatan STM Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui: 1) pola saluran pemasaran salak pondoh di Desa Rumah Lengo Kecarnatan STM Hulu, 2) besar pendapatan petani salak, 3) besar margin dari tiap saluran pemasaran yang terbentuk, 4) farmer 's share dari tiap saluran pemasaran, 5) tingkat efisiensi masing-masing saluran pemasaran. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif untuk mengetahui lembaga pemasaran dan saluran pemasaran salak. Analisis kuantitatif untuk menganalisis pendapatan, ma1jin pemasaran, Janner 's share dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat III pola saluran pemasaran salak pondoh di Desa Rumah Lengo yaitu : Pola saluran pemasaran I : petani-konsumen akhir , Pola saluran pemasaran II : petani - pedagang pengecer -konsumen, Pola saluran pemasaran III : petani -pedagang pengumpul -pedagang pengecer -konsumen. Rata-rata penerimaan petani salak pondoh per hektar yaitu sebesar Rp.2.223.529 dan total biaya yang digunakan dalam usabatani salak sebesar Rp.636. 765 maka diperoleh pendapatan petani sebesar Rp.l.577.848. Farmer's share yang paling besar yaitu pada saluran pemasaran I dikarenakan petani langsung menj ual buah salak kepada konsumen dan merupakan saluran pemasaran yang paling pendek. Ketiga saluran pemasaran di daerab penelitian sudah efisien namun yang paling efisien yaitu saluran pemasaran I dengan nilai 1 %, kemudian disusul saluran pemasaran II dengan nilai 4,6% dan terendah pada saluran pemasaran III dengan nilai 8,99%. This research examines the marketing of salak pondoh in Rurnah Lengo Village, STM Hulu District. The objectives of this study are to determine: 1) the marketing channel patterns of salak pondoh in Rumah Lengo Village, STM Hulu District, 2) the income of salak farmers, 3) the margins of each established marketing channel, 4) the farmer's share of each marketing channel, and 5) the efficiency level of each marketing channel. The analytical methods used in this study are descriptive and quantitative. Descriptive analysis is used to identify the marketing institutions and marketing channels of salak. Quantitative analysis is used to analyze revenue, marketing margin, market share, and marketing efficiency. The results of this study indicate that there are three marketing channel patterns for salak pondoh in Rumah Lengo Village: Marketing Channel I: farmer-final consumer; Marketing Channel II: farmer-retailer-consumer; and Marketing Channel III: farmer-collector-retailer-consumer. The average income for salak pondoh farmers per hectare is IDR 2,223,529, and the total cost of farming is IDR 636,765, resulting in a farmer income of IDR 1,577,848. The largest farmer's share is in marketing channel I because farmers sell their salak fruit directly to consumers, which is the shortest marketing channel. All three marketing channels in the study area are efficient, but marketing channel I is the most efficient with a value of 1%, followed by marketing channel II with a value of 4.6%, and the lowest is marketing channel III with a value of 8.99%.
Description: 106 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28704
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198220098 - Umike Rosella Br Barus - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV6.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
198220098 - Umike Rosella Br Barus - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography12.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.