Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7409
Title: Analisis Pelayanan Publik Penerimaan Pengaduan pada Bidang Profesi dan Pengamanan Polri Kepoilisian Sumatera Utara
Authors: Pasaribu, Togar
metadata.dc.contributor.advisor: Kariono
Warjio
Keywords: analisis pelayanan publik;pelayanan penerimaan pengaduan;bidang profesi polri;bidang pengamanan polri
Issue Date: 9-May-2010
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan penerimaan pengaduan unit pelayanan pemerintah Sub bidang pelayanan pengaduan bidang profesi dan pengamanan Polri Kepolisian Daerah Sumatera Utara dengan nilai Indeks kepuasan masyarakat 2,60 diperoleh mutu pelayanan termasuk dalam kategori baik dan kinerja unit pelayanan adalah baik. Apabila dilihat dari masing-masing aspek dari keempat belas unsur pelayanan, terdapat empat unsur pelayanan kategori cukup dan kinerja pelayanan kurang baik, yaitu prosedur pelayanan 2,27, kejelasan petugas pelayanan 2,37, kecepatan petugas pelayanan 2,46 dan Kenyamanan lingkungan 2,30. Faktor -faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan adalah prosedur pelayanan belum disosialisasikan kepada masyarakat dan belum diwujudkan dalam bentuk Flow Chart yang dipampang dalam ruangan pelayanan, sedangkan kenyamanan lingkungan disebabkan ruangan tidak bersih, tidak rapi, tidak indah dan keterbatasan sarana dan prasarana, selanjutnya petugas pelayanan belum memakai tanda pengenal dan papan nama di atas meja atau tempat kerja petugas yang bertanggungjawab. Strategi yang perlu dilakukan dalam upaya peningkatan pelayanan penerimaan pengaduan di unit pelayanan pemerintah pada Sub bidang pelayanan penerimaan pengaduan bidang profesi dan pengamanan Polri Kepolisian Daerah Sumatera Utara adalah dengan cara mengaktualisasikan prosedur pelayanan, tata kerja yang mudah, jelas dan pasti, semuanya harus sederhana, tidak berbelit-belit, mudah dipahami dan mudah dilaksanakan serta diwujudkan dalam bentuk Flwo Chart yang dipampang dalam ruangan serta melengkapi sarana dan prasarana yang memadai seperti telephone, ruang tunggu dll. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi unit pelayanan pemerintah pada Sub bidang pelayanan penerimaan pengaduan bidang profesi dan pengamanan Polri Kepolisian Daerah Sumatera Utara sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan kebijakan untuk meningkatkan pelayanan publik, disamping itu sebagai aplikasi ilmu administrasi publik.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7409
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
081801084.pdfFulltext4.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.