Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10146
Title: Strategi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK Negeri 1 Bisnis dan Manajemen Kota Sibolga
Authors: Tampubolon, Salman
metadata.dc.contributor.advisor: Kusmanto, Heri
Warjio
Keywords: strategi;pengembangan kurikulum;pendidikan
Issue Date: 9-May-2011
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: In the effort development of this curriculum many us meet assorted of problems accompanying it. One of them is, in this time development of curriculum not yet oriented at importance of educative participant (oriented child), but curriculum developed up at educative participant as object. To overcome problems which always accompany development of curriculum, is needed by correct strategy so that target of education can reach better. This research is executed to start February month 2011 up to April 2011, while sample at this research is one who is assumed by soybean cake and can be trusted to become the source of settled data and know its problem exhaustively. Circumstantial in SMK Country 1 (BM) Town of Sibolga, Street : Dr. Ferdinand Lumban Tobing No. 33 Town of Sibolga. Election of this place is relied on idea that researcher is Supervisor of Builder (in) SMK Country 1 (BM) Town of Sibolga so that will facilitate in intake of data. This research aim to be first : Knowing strategy development of KTSP done by school, second : Knowing strength factors and weakness (internal factor) and also threat and opportunity (factor of external) what emerge in development of KTSP done by school. This research is included in descriptive research qualitative with data collecting done by using observation method, interview/ interview, and documentation. For its analysis, writer use descriptive analysis technique qualitative that is in the form of written data's or is oral the than people as related/relevant party/sides, this research method by using approach of Analysis Matrix of SWOT.
Description: Penelitian ini bertujuan pertama: Mengetahui strategi pengembangan KTSP yang dilakukan oleh sekolah, kedua: Mengetahui faktor-faktor kekuatan dan kelemahan (faktor internal) serta peluang dan ancaman (faktor ekstemal) yang muncul dalam pengembangan KTSP yang dilakukan oleh sekolah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang sebagai pihak-pihak yang terkait, metode penelitian ini dengan menggunakan pendekatan Analisis Matriks SWOT. Hasil penelitian yang dapat diambil adalah : Pertama strategi yang digunakan dalam pengembangan KTSP di SMK Negeri 1 (BM) Kota Sibolga melalui beberapa tahapan yaitu : a) Selalu berupaya mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang perubahannya begitu sangat cepat, b) Dalam penyusunan KTSP berupaya mengikuti selera pasar atau dunia usaha/ dunia industri, dengan menerirna masukan atau saran dari mereka, sehingga standar kompetensi lulusan siswa sesuai dengan keinginan dunia kerja sebagai pemakai/ konsumen dan para lulusan. Kedua : faktor-faktor yang muncul dalam pengembangan KTSP di SMK Negeri 1 (BM) kota Sibolga antara lain faktor internal meliputi kekuatan yaitu : a) Manajemen terbuka dan partisipatif, b) Pimpinan memiliki Visi, Misi Pendidikan yang jelas c) Jaringan internet telah berfungsi sehingga mudah mengakses berbagai informasi, dan kelemahan yaitu: a) Luas areal sekolah yang belum memenuhi standar pendidikan, b) dan prosedur tata kerja belum sepenuhnya dipahami oleh staf, c) Sebahagian besar guru belum dapat berkomunikasi dalam Bahasa Asing khususnya Bahasa Inggris. Serta faktor ekstemal meliputi peluang yaitu : a) Komitmen Pemerintah Daerah terhadap pendidikan cukup tinggi, b) Adanya tunjangan profesi guru untuk peningkatan kompetensi kinerja guru, c) Kebijakan politis untuk meingkatkan alokasi anggaran sektor pendidikan cukup tinggi, dan ancaman yaitu a) Perubahan kurikulum khususnya di SMK relatif terlalu cepat kurang dibarengi dengan sosialisasi yang komperehensif, b) Pengaruh informasi terhadap moral dan tingkah laku siswa.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10146
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
091801002_Salman Tampubolon.pdfFulltext4.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.