Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10245
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, Lahmuddin-
dc.contributor.advisorSiregar, Nurmaida Irawani-
dc.contributor.authorZuraidah-
dc.date.accessioned2019-05-13T02:36:43Z-
dc.date.available2019-05-13T02:36:43Z-
dc.date.issued2012-04-26-
dc.identifier.other101804001-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10245-
dc.descriptionPada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kemandirian dan dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Medan. Berdasarkan penjabaran yang ada dalam bab landasan teori maka diajukan hipotesis penelitian yang berbunyi : Adanya hubungan yang signifikan antara kemandirian dan dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Medan, dengan asumsi bahwa semakin tinggi kemandirian dan dukungan keluarga maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Semakin rendah kemandirian dan dukungan keluarga maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa. Untuk membuktikan hipotesis diatas, maka digunakan metode analisis data product moment, dimana yang menjadi variabel bebas XI dan X2 adalah kemandirian dan dukungan keluarga sedangkan variabel terikat Y adalah prestasi belajar siswa. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil sebagai berikut : 1 Ada hubungan signifikan positif antara Kemandirian dengan Prestasi Belajar, dimana koefisien rx1y = 0.0,747 dengan p = 0.00, hal ini berarti semakin tinggi Kemandirian maka semakin tinggi Prestasi Belajar siswa. 2 Ada hubungan signifikan positif antara Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar, dimana koefisien rx1y = 0.528 dengan p = 0.00, hal ini berarti semakin kuat Dukungan Keluarga maka semakin tinggi Prestasi Belajar siswa. 3 . Terdapat hubungan yang signifikan antara Kemandirian, Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar. Hal ini dapat diketahui melalui koefisien korelasi product moment rxy = 0,748, dengan p = 0,00, maka p < 0,05, persentase konstribusi masukan dari kemandirian dan dukungan keluarga sebesar 55,9% terhadap peningkatan prestasi belajar hal ini berarti ada variabel lain yang juga berkonstribusi sebesar 44,1 % yang tidak diteliti pada penelitian ini yang juga kemungkinan besar berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectkemandirianen_US
dc.subjectdukungan keluargaen_US
dc.subjectprestasi belajaren_US
dc.titleHubungan Kemandirian dan Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 2 Medanen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
101804001_Zuraidah.pdfFulltext1.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.