Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10272
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Damayanti, Nefi | - |
dc.contributor.advisor | Aziz, Azhar | - |
dc.contributor.author | Hulu, Tulozomasi | - |
dc.date.accessioned | 2019-05-16T02:34:54Z | - |
dc.date.available | 2019-05-16T02:34:54Z | - |
dc.date.issued | 2012-08-13 | - |
dc.identifier.other | 101804027 | - |
dc.identifier.uri | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10272 | - |
dc.description | Penelitian ini meneliti hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prestasi belajar pada Siswa SMA Santo Thomas 3 Medan. Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif menggunakan analisis product moment dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dan Simple Random. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Santo Thomas -3 Medan dengan jumlah 100 orang. Dalam pengumpulan data digunakan metode skala kecerdasan emosi berdasarkan teori Daniel Goleman, skala efikasi diri berdasarkan teori Bandura dan prestasi belajar siswa digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai rata-rata pada daftar kumpulan nilai (DKN). Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai koefisien rx2y = 0,623 dengan p < 0.01. Ini berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosionalnya akan semakin meningkatkan prestasi belajar siswa, dan juga terbukti ada hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar yang ditunjukkan oleh koefisien rx1y = 0,488 dengan p < 0,01. lni berarti bahwa semakin tinggi efikasi diri maka semakin meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Subjek penelitian ini memiliki kecerdasan emosi yang baik ditunjukkan dengan rerata empirik sebesar 96,41 dan rerata hipotetik sebesar 85, sedangkan efikasi diri yang dimiliki subjek tergolong kuat ditunjukkan dengan rerata empirik sebesar 61,39 dan rerata hipotetik sebesar 55. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.subject | kecerdasan emosional | en_US |
dc.subject | efikasi diri | en_US |
dc.subject | prestasi belajar | en_US |
dc.title | Hubungan antara Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMA Santo Thomas 3 Medan | en_US |
dc.type | Tesis Magister | en_US |
Appears in Collections: | MT - Master of Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
101804027_Tulozomasi Hulu.pdf | Fulltext | 3.79 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.