Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10331
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWahyuni, Nini Sri-
dc.contributor.advisorAziz, Azhar-
dc.contributor.authorZelvia, Dea Charisa-
dc.date.accessioned2019-05-24T02:44:05Z-
dc.date.available2019-05-24T02:44:05Z-
dc.date.issued2014-05-24-
dc.identifier.other108600234-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10331-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara variabel bebas kepercayaan diri dengan variabel terikat kemandirian belajar. Variabel kepercayaan diri memiliki 5 aspek yaitu, yakin akan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realistis, sedangkan variabel kemandirian belajar memiliki 5 aspek yaitu, tanggung jawab, inisiatif, percaya diri, motivasi, dan kreatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 3 SMA Ar-Rahman Medan, dengan jumlah subjek 121 orang. Alat pengumpul data berupa kuisioner kepercayaan diri yang terdiri dari 35 item dan kuisioner kemandirian belajar yang terdiri dari 37 item. Penelitian ini menggunakan metode analisis data product moment dari pearson, yaitu dengan teknik statistik korelasi dengan bantuan program statistik SPSS. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh R = 0,949 dan P = 0,000 dengan R2 = 0,901 dengan BE= 90,1%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar, yang berarti semakin tinggi tingkat kepercayaan diri maka semakin baik kemandirian belajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectkepercayaan dirien_US
dc.subjectkemandirian belajaren_US
dc.titleHubungan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas 3 SMA Ar-Rahman Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
108600234_Dea Charisa Zelvia.pdfFulltext2.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.