Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10401
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSulistyaningsih, Wiwik-
dc.contributor.advisorMinauli, Irna-
dc.contributor.authorNisfiary, Reny Khaerany-
dc.date.accessioned2019-06-13T02:39:31Z-
dc.date.available2019-06-13T02:39:31Z-
dc.date.issued2014-11-25-
dc.identifier.other121804019-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10401-
dc.descriptionPenelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa pada 40 siswa SMP Muhammadiyah 3 Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala kecerdasan emosi, skala efikasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Analisis data menggunakan uji regresi. Sampel penelitian adalah 40 orang siswa SMP Muhammadiyah 3 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan prokrastinasi akademik (r = -0,861, p < 0,005), (2). Ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik ( r = -0,707, p < 0,005). dan (3). Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik (r = -0,888, p < 0,005). Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa secara bersama-sama kecerdasan emosi dan efikasi diri dapat memprediksi prokrastinasi akademik dengan F = 69.159, R2 = 0.789 dan p < 0,005. Hasil analisis regresi bertahap didapatkan hasil bahwa kecerdasan emosi (beta = -0.686; t = -7.122, dan p < 0,005), dan efikasi diri (beta= -0.281; t = -2.911 dan p < 0,005) memiliki daya prediksi yang negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Dari analisa deskriptif diketahui bahwa ada 4 orang yang memiliki kategori prokrastinasi akademik rendah, ada 32 orang pada kategori prokrastinasi akademik sedang, dan pada kategori tinggi ada 4 orang siswa. Untuk kecerdasan emosi ada 5 orang siswa yang memiliki kategori kecerdasan emosi rendah, sedangkan yang memiliki kecerdasan emosi sedang ada 28 orang siswa dan kategori tinggi ada 7 orang siswa, untuk efikasi diri, ada 7 orang siswa yang memiliki kategori efikasi diri rendah, sedangkan yang memiliki efikasi diri sedang ada 25 orang siswa dan kategori tinggi ada 8 orang siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectkecerdasan emosien_US
dc.subjectefikasi dirien_US
dc.subjectprokrastinasi akademiken_US
dc.titleHubungan antara Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMPen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
121804019_Reny Khaerany Nisfiary.pdfFulltext1.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.