Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10401
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sulistyaningsih, Wiwik | - |
dc.contributor.advisor | Minauli, Irna | - |
dc.contributor.author | Nisfiary, Reny Khaerany | - |
dc.date.accessioned | 2019-06-13T02:39:31Z | - |
dc.date.available | 2019-06-13T02:39:31Z | - |
dc.date.issued | 2014-11-25 | - |
dc.identifier.other | 121804019 | - |
dc.identifier.uri | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10401 | - |
dc.description | Penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa pada 40 siswa SMP Muhammadiyah 3 Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala kecerdasan emosi, skala efikasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Analisis data menggunakan uji regresi. Sampel penelitian adalah 40 orang siswa SMP Muhammadiyah 3 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan prokrastinasi akademik (r = -0,861, p < 0,005), (2). Ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik ( r = -0,707, p < 0,005). dan (3). Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik (r = -0,888, p < 0,005). Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa secara bersama-sama kecerdasan emosi dan efikasi diri dapat memprediksi prokrastinasi akademik dengan F = 69.159, R2 = 0.789 dan p < 0,005. Hasil analisis regresi bertahap didapatkan hasil bahwa kecerdasan emosi (beta = -0.686; t = -7.122, dan p < 0,005), dan efikasi diri (beta= -0.281; t = -2.911 dan p < 0,005) memiliki daya prediksi yang negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Dari analisa deskriptif diketahui bahwa ada 4 orang yang memiliki kategori prokrastinasi akademik rendah, ada 32 orang pada kategori prokrastinasi akademik sedang, dan pada kategori tinggi ada 4 orang siswa. Untuk kecerdasan emosi ada 5 orang siswa yang memiliki kategori kecerdasan emosi rendah, sedangkan yang memiliki kecerdasan emosi sedang ada 28 orang siswa dan kategori tinggi ada 7 orang siswa, untuk efikasi diri, ada 7 orang siswa yang memiliki kategori efikasi diri rendah, sedangkan yang memiliki efikasi diri sedang ada 25 orang siswa dan kategori tinggi ada 8 orang siswa. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.subject | kecerdasan emosi | en_US |
dc.subject | efikasi diri | en_US |
dc.subject | prokrastinasi akademik | en_US |
dc.title | Hubungan antara Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP | en_US |
dc.type | Tesis Magister | en_US |
Appears in Collections: | MT - Master of Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
121804019_Reny Khaerany Nisfiary.pdf | Fulltext | 1.97 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.