Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10416
Title: Hubungan Iklim Sekolah dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Tanah Jambo Aye Aceh Utara
Authors: Aziz, Mawardi A
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Saiful Akhyar
Aziz, Azhar
Keywords: prestasi hasil belajar;kebiasaan belajar;iklim sekolah
Issue Date: 30-Aug-2014
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan lklim Sekolah Dan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Tanah Jambo Aye. Hipotesis yang diajukan adalah 1). Terdapat hubungan antara iklim sekolah dengan prestasi hasil belajar siswa SMPN 2 Tanah Jambo Aye, 2). Terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi hasil belajar siswa SMPN 2 Tanah Jambo Aye, 3).Terdapat hubungan antara iklim sekolah dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan prestasi hasil belajar siswa SMPN 2 Tanah Jambo Aye. Untuk membuktikan hipotesis dilakukan penelitian terhadap siswa-siswi kelas VII dan VIII SMPN 2 Tanah Jambo Aye yang berjumlah 74 orang siswa. Tekhnik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah metode skala, yaitu skala iklim sekolah, skala kebiasaan belajar dan prestasi hasil belajar melalui metode dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang digunakan dengan Analisa Regresi Berganda didapatkan hasil adalah; 1). Terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dan kebiasaan belajar terhadap prestasi hasil belajar. Hal ini ditunjukan dengan koefisien Freg = 62,509; p = 0,000 dimana p < 0,050. menandakan bahwa semakin baik iklim sekolah dan semakin baik kebiasaan belajar maka akan semakin tinggi prestasi hasil belajar, dan sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. 2). Ada hubungan positif yang signifikan antara iklim sekolah terhadap prestasi hasil belajar pada siswa SMPN 2 Tanah Jambo Aye dengan sumbangan 51,6%. 3 ). Ada hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi hasil belajar, dengan sumbangan efektif yang didapatkan sebesar 46,1 %. Total sumbangan efektif dari kedua variabel bebas (iklim sekolah dan kebiasaan belajar) terhadap prestasi Hasil belajar adalah sebesar 63,8%. Dari hasil ini diketahui bahwa masih terdapat 36,2% pengaruh dari faktor lain terhadap prestasi hasil belajar.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10416
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
121804011_Mawardi A. Aziz.pdfFulltext2.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.