Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10419
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMunir, Abdul-
dc.contributor.advisorSiregar, Nurmaida Irawani-
dc.contributor.authorSigalingging, Sery-
dc.date.accessioned2019-06-17T02:13:17Z-
dc.date.available2019-06-17T02:13:17Z-
dc.date.issued2014-05-08-
dc.identifier.other121804047-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10419-
dc.descriptionDisiplin belajar adalah suatu sikap keteraturan, kepatuhan dan dapat mengendalikan diri seseorang untuk menumbuhkan serta mengembangkan pengertian-pengertian yang terkandung dalam kegiatan belajar dengan kesadaran sendiri. Disiplin belajar diperoleh berdasarkan indikator disiplin belajar yang terdiri dari disiplin waktu, disiplin perbuatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dan skala iklim sekolah dengan disiplin belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 8 Pematang Siantar dengan populasi 345 dan jumlah sampel 69 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala disiplin beiajar, skala kematangan emosi dan skala iklim sekolah. Analisis data diiakukan menggunakan analisis regresi berganda menemukan (1) terdapat hubungan yang positif antara kematangan ernosi dengan disiplin belajar sebesar 0,348, sumbangan yang diberikan variabel kematangan emosi terhadap disiplin belajar sebesar 12,1 %, (2) terdapat hubungan yang positif antara iklim sekolah dengan disiplin belajar sebesar 0,394, sumbangan yang diberikan variabel iklim sekolah sebesar 15,5% terhadap disiplin belajar, (3) terdapat hubungan yang positif antara kematangan emosi dan iklim sekolah dengan disiplin belajar sebesar 0,490, sumbangan yang diberikan variabel kematangan emosi dan iklim sekolah terhadap disiplin belajar sebesar 24%. Kategori penilaian diperoleh semua variabel pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan siswa-siswa dapat meningkatkan kematangan emosi dan kepada pihak sekolah dapat meningkatkan iklim sekolah khususnya sarana dan prasarana sekolah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectdisiplin belajaren_US
dc.subjectkematangan emosien_US
dc.subjectiklim sekolahen_US
dc.titleHubungan Kematangan Emosi dan Iklim Sekolah dengan Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Pematang Siantaren_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
121804047_Sery Sigalingging.pdfFulltext3.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.