Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10423
Title: | Pemahaman Nilai Sosial dan Prestasi Belajar Siswa SD Ditinjau dari Status Ketiadaan Ayah |
Authors: | Tarigan, Angeline Hosana Zefany |
metadata.dc.contributor.advisor: | Lahmuddin Minauli, Irna |
Keywords: | pemahaman nilai sosial;prestasi belajar;status ketiadaan ayah |
Issue Date: | 26-Jun-2015 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Description: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan pemahaman nilai sosial siswa SD, apakah ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan prestasi belajar siswa SD, serta apakah ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan pemahaman nilai sosial dan prestasi belajar siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode analisis Multivariate Anova (Manova). Alasan peneliti menggunakan metode ini adalah karena dalam penelitian ini terdapat dua variabel tergantung. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 36 orang dan diperoleh gambaran serta ciri-ciri subjek penelitian berdasarkan alasan tidak memiliki ayah, usia, jenis kelamin dan kelas. Hasil analisis menunjukkan nilai F dan nilai signifikansi (nilai p) untuk variabel status ketiadaan ayah terhadap pemahaman nilai sosial adalah 0,844 dan 0,365. Karena nilai p > 0,05, maka hal ini berarti Ho1 diterima atau tidak ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan pemahaman nilai sosial siswa SD. Nilai F dan nilai P untuk variabel status ketiadaan ayah terhadap prestasi belajar adalah 0,520 dan 0,476. Karena nilai p > 0,05, maka hal ini berarti Ho2 diterima atau tidak ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan prestasi belajar siswa SD. Nilai F dan nilai P untuk variabel status ketiadaan ayah terhadap pemahaman nilai sosial dan prestasi belajar adalah 0,503 dan 0,609. Karena nilai p > 0,05, maka hal ini berarti Ho3 diterima atau tidak ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan pemahaman nilai sosial dan prestasi belajar siswa SD. Bisa juga disimpulkan bahwa ketiadaan ayah tidak memiliki hubungan dengan pemahaman nilai sosial dan prestasi belajar siswa SD. |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10423 |
Appears in Collections: | MT - Master of Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
121804069_Angeline Hosana Zefany Tarigan.pdf | Fulltext | 2.01 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.